4 Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

39 views

Mencegah Osteoporosis sejak dini

Banyak yang tidak sadar bahaya laten kesehatan sedang mengancam saat ini, salah satunya adalah yang disebut osteoporosis atau yang kerap kali disebut pengeroposan tulang. Tulang manusia merupakan elemen penting yang harus dijaga agar tetap berada dalam kondisi prima sampai usia kapanpun. Masalahnya, banyak orang kurang sadar akan hal ini sehingga cenderung menyepelekan masalah kesehatan tulang dan akhirnya membiarkan saja saat terjadi tanda-tanda tulang keropos. Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu mencegah osteoporosis sejak dini.

  1. Rajin mengkonsumsi susu setiap hari dan pastikan susu yang diminum sebisa mungkin adalah susu yang rendah lemak, supaya tidak menimbulkan masalah lain pada tubuh anda. Karena susu banyak mengandung kalsium yang banyak dibutuhkan oleh tulang anda.
  2. Rajin menggunakan tulang anda, khususnya kaki dengan cara berjalan. Jika tidak memerlukan kendaraan, ada baiknya anda berjalan kaki saja. Aktivitas jogging di pagi hari cukup banyak membantu anda dalam mencegah osteoporosis.
  3. Banyak makan makanan yang mengandung vitamin, khususnya vitamin D.
  4. Hindari minum minuman beralkohol atau bersoda, karena minuman bersoda agak kurang baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang anda. Efek yang dirasakan mungkin tidak langsung, namun semakin tua, anda akan merasa tulang anda semakin lemah, karena salah satunya ya minuman beralkohol atau bersoda tadi.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena tulang adalah bagian tubuh yang sangat penting untuk beraktivitas.

 

Kesehatan tulang osteoporosis pencegahan

Related Post