5 Tips Terampil Membuat Cerpen

298 views

5 Tips Terampil Membuat Cerpen

Membuat Cerpen tidaklah semudah membayangkan saja, mengungkapkan tulisan supaya mudah di cerna orang lain adalah suatu keterampilan tersendiri yang perlu di asah, meski ada juga yang namanya bakat, latihan sedikit langsung bisa.


Agus Noor atau SGA tentu menginspirasi kita untuk terampil menulis, khususnya membuat cerpen. Belia adalah sosok penulis yang sudah banyak karnyanya termasuk cerpen. Bagi kita tentu ada kesempatan untuk menjadi seperti beliau dan tentunya dengan latihan.

Berikut tips terampil menulis cerpen yang patut kita coba:

1.    Menentukan ide atau pokok gagasan

Ide merupakan hal yang ada dibenak kita, tak perlu kita susah susah mencari, cukup yang ringan ringan saja yang terpikir di benak kita. Kemudian langsung kita tulis ide-ide yang ada tersebut dalam garis besar , bisa jadi ada banyak (nhah disini kita tanpa sadar  menemukan ide, tak perlu mencari-cari apalagi browsing, malah plagiat) tinggal kita segera menentukan yang paling menarik tentu yang ada masalah dan solusi yang tak disangka solusinya nanti di jalan ceritanya.

2.    Penokohan

Setelah ketemu idenya, maka mari kita menentukan tokoh-tokohnya serta wataknya masing-masing. Terutama protagonis/tokoh utama, karena tokoh yang lain akan mengikuti. 

3.    Menggunakan bahasa yang mudah di cerna

Setinggi apapun imajinasimu, bila kamu menggunakan bahasamu yang tinggi pula, alay, maka siapakah yang mau membaca? Ingat tujuan kita menulis adalah untuk dibaca dan dimengerti bukan diri sendiri tapi juga orang lain. 

4.    Endapkan tulisan selang beberapa waktu

Setelah dirasa selesai maka berilah selang waktu dahulu sebelum mengirim, karena saat-saat itulah kita menyadari akan ada hal yang kurang seperti alur yang kemana-mana, bahkan salah ketik juga bisa. Paling tidak ini untuk evaluasi dan finalisasi sebelum mengirim. Ingat berilah selang waktu.

5.    Rajin membaca dan menulis

Supaya terampil maka kita juga terus berlatih menulis ( mengungkapkan semua pikiran kita dalam bahasa tulis, awalnya mungkin kurang pas kurang terstruktur, kurang berkarakter dsb, tapi lama-kelamaan pasti akan membentuk). Begitu juga membaca, tetap kita perlukan untuk menambah wawasan dalam penulisan cerpen, karena suatu saat akan ada hal yang tak terduga dalam pikiran kita dan menjadikan ide kita lebih variatif.

Begitulah 5 tips terampil membuat cerpen, semoga kita dapat menjadi penulis yang handal.

B. Indonesia Artikel Tips Trik

Related Post