Bimbingan Konseling Sekolah di Bidang Karir

Posted on

Bimbingan Konseling Sekolah di Bidang Karir

Layanan Bidang Karir

  1. Pemantapan pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan karir yang hendak dikembangkan,
  2. Orientasi dan informasi dunia kerja dan usaha memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  3. Pemantapan memperoleh sikap positif dan obyektif terhadap dunia kerja dan pemilihan minat ,ketrampilan/ketrampilan atau kejuruan.
  4. pengembangan danpemantapan minat ketrampilan atau kejuruan.
  5. pelaksanaan kepada tanatan untuk memperoleh pekerjaan atau menyelenggarakan usaha mandiri.

Pelaksanaan program layanan

Bimbingan dan konseling di SMA/SMK dengan menekankan pada mensuport perkembangan pribadi sosisal,belajar,dan karir dengan menu program bimbingan dan konseling dalam individual student planning,layanan responsif,dan pengembangan sistem suport.

Peran konselor

Sebagai pelaksana layanan bimbingnadan konseling profesional ,aktif,inovatif,efektif dan menyenangkan dengan menjalankan semua fungsi bimbingna dan konseling sehingga mampu mensupport perkembangan peserta didik menuju tercapainya tugas tugas perkembangan optimal.

program pengembangan diri

1). Pengembangan diri yang dimaksud dalam KTSP:
Program pengembangandiri yang dimaksud dengan dalam KTSP adalah sebagai berikut :
a). Pengembangan diri bukan sebagai mata pelajaran,artinya bahwa bentuk,rancangan,dan metode pengembangan diri tidak dilaksanakan sebagai sebuah adegan mengajar seperti layaknya pembelajaran mapel.
b). Pengembangan diri merupakan kegiay=tan pendidikan di luar mata pelajaran sebagi bagian integral dari kurikulum sekolah atau madrasah.
c). Pengembangan diri merupakan wilayah komplementer antara guru mata pelajaran dan guru BK yang tergambar bagan berikut:
e). Pengembangan diri terkandung difersifikasi program berbasis bakat dan minat yang memerlukan pelayanan pembina khusus sesuai dengan keahliannya.d). Pengembangan diri bukan semata mata sebagai wilayah bimbingan dan konseling dan tugas guru BK atau konselor.
f). Pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling-B dan K dan ekstra kulikuler.
g). Tujuan pengembangan diri adalah memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan diri dan mengekspresikan diri sesuai kebutuhan ,bakat dan minat peserta didik dengan memperhatikan kondisi sekolah atau madrasah.
h). Pengembangan diri melalui kegiatan pelayanan BK berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial , kegiatan belajar dam pengembangan karir
i). Pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstra kurikuler melalui kegiatan kepramukaan, latihan kepemimpinan,ilmiah remaja ,palang merah remaja,seni,olah raga ,cinta alam,jurnalistik,tater dan keagamaan.