Contoh Laporan Praktikum Mencangkok Tanaman

42 views

LAPORAN HORTIKULTURA (MENCANGKOK MANGGA)

 

  1. JUDUL : Mencangkok Pohon Mangga

2. TUJUAN :

  1. Mahasiswa dapat mengetahui cara mencangkok pohon mangga dengan benar
  2. Mahasiswa dapat mempraktekkan cara mencangkok pohon mangga dengan benar
  3. Mahasiswa mampu memperbanyak bibit atau tanaman dengan mempergunakan teknik cangkok

3. DASAR TEORI

Pembiakan tanaman secara Vegetatif adalah pembiakan tanaman dengan menggunakan bagian organ dari tanaman itu sendiri, seperti sambung, stek, cangkok dan okulasi. Pembiakan secara generative adalah pembiakan tanaman dengan cara menanam benih yang dihasilkan oleh tumbuhan tersebut yang kemudian dijadikan sebagai bibit.

Pencangkokan (layerage) merupakan sebagian jenis pembiakan tanaman secara vegetatif. Tujuan dari pencangkokan adalah untuk mempercepat mendapatkan keturunan yang sama dengan induknya dan mempercepat hasil yang dihasilkan oleh tanaman yang dicangkok. Dasar dari pencangkokan adalah bila bagian tepi atau ujung batang terkulai atau bersentuhan dengan tanah diharapkan akan tumbuh akar vegetatif.

Pencangkokan perlu dipahami cara-caranya supaya mahasiswa lebih mengerti bagaimana membiakkan tanaman dengan cara vegetatif buatan dan menjaga keturunan dari suatu tumbuhan tetap memiliki sifat yang sama seperti induknya. Sebagian pencangkokan bisa dilakukan pada batang yang sudah tidak mengalami pertumbuhan vegetatif atau batang yang sudah menghasilkan buah, biji atau lainnya yang dianggap menghasilkan nilai ekonomi bagi manusia.

Sebagian besar pertumbuhan hasil cangkokan lebih cepat dikarenakan cadangan makanan yang ada pada batang yang telah dicangkok sudah mencukupi untuk melakukan fotosintesis, sehingga pertumbuhan menjadi langsung berlanjut tanpa mengalami strees atau terminal. Jenis tanaman yang sering dicangkok adalah tanaman yang menghasilkan buah. Karena dengan mencangkok tanaman tersebut cepat menghasilkan buah. Beberapa teknik mencangkok pada praktikum ini akan dipelajari supaya kesalahan yang belum kita ketahui sebelumnya dalam pencangkokan segera bisa kita perbaiki dan tidak terulang kembali.

Mencangkok adalah salah satu cara murah dan mudah untuk mengembangbiakkan tanaman. Pencangkokan dilakukan untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik pada suatu tumbuhan, sehingga pemanfaatan terhadap tumbuhan tersebut menjadi lebih optimal. Misalkan pencangkokan pada tumbuhan mangga, dengan mencangkok tumbuhan mangga, kita bisa mendapatkan buah yang lebih baik dari tumbuhan tersebut dan tentunya masa tumbuh yang relatif lebih singkat.

Tanaman yang bisa dicangkok antara lain: jambu, jambu air, mangga, sawo, dan lain-lain.

Adapun keuntungan dari mencangkok adalah:

  1. Kita bisa memperoleh tanaman yang berbuah lebih cepat dari seharusnya.
  2. Mutu produksi yang diperoleh sama dengan tanaman induknya.

Adapun kekurangannya dari mencangkok adalah:

  1. Tanaman hasil cangkokan hanya memiliki akar serabut, sehingga lebih mudah tumbang/roboh dibandingkan tanaman yang berasal dari biji.
  2. Memiliki kanopi yang lebih kecil dan produksi yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang dapat dihasilkan pohon induknya.

 

4. ALAT DAN BAHAN

  1. Tanaman mangga (induk)
  2. Pisau
  3. Serabut kelapa atau plastik
  4. Tali rafia
  5. Paku untuk menusuk bagian bawah plastik
  6. Campuran tanah subur : pupuk kandang, dengan perbandingan 1 : 1

 

5. CARA KERJA

  1. Memilih batang / ranting yang lurus (pilih yang berdiameter 2-5 cm) sehingga kulit dan kambiumnya bisa dikeruk dengan baik.
  2. Beri lingkaran / tanda pada bagian batang / ranting yang telah dipilih sepanjang ± 10 cm.
  3. Sayat kulit di bagian yang telah diberi lingkaran / tanda dengan pisau / cutter kemudian buang kulitnya.
  4. Setelah dikupas, kambium akan terlihat. Keruk bagian kambium tersebut hingga habis agar tidak tumbuh kulit lagi.
  5. Tutup bagian yang telah dikeruk dengan tanah lembab yang subur, kemudian bungkus dengan plastik atau serabut kelapa.
  6. Setelah dibungkus, ikat bagian bawah dan atas menggunakan tali raffia (bila menggunakan plastik, beri bolongan di beberapa bagian).
  7. Sirami cangkokan secara teratur hingga tumbuh akar.
  8. Bila akar sudah tumbuh kuat, pindahkan ke pot lain (jika memakai plastik untuk membungkus, plastik harus dilepas terlebih dahulu).

 

 

 

 

 

 

mencangkok mangga

Related Post