Contoh Soal Biologi HOTS Materi Mekanisme Sistem Pernapasan

86 views

  1. Setiap manusia mempunyai beragam aktivitas yang berbeda setiap harinya. Contohnya apabila kita setelah melakukan aktivitas berat, berolahraga atau berlari seringkali merasa nafas kita terasa pendek dan cepat. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ?

Jawab :

Kegiatan tubuh seseorang yang giat melakikan aktivitas memerlukan lebih banyak energi daripada orang yang   sedang santai atau tidur. Untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut tubuh perlu lebih banyak O2 untuk         pernapasan seluler, dan tubuh lebih banyak memproduksi zat sisa. Sehingga, tubuh perlu meningkatkan frekuensi pernapasannya

2.  Pada saat kita melakukan inspirasi ataupun ekspirasi setiap harinya, udara yang dihirup dan dibuang setiap orang berbeda. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap kapasitas vital paru-paru. Mengapa kapasitas vital paru setiap orang berbeda ?

Jawab :

Karena kapasitas vital paru juga dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, aktivitas kegiatan manusia. Sedangkan untuk mekanisme pernpasannya juga dipengaruhi oleh penjumlahan dari jumlah udara pernapasan, udara komplementer dan udara cadangan, hal inilah yang membuat kapasitas vital paru setiap orang berbeda

Info lain :  Identifikasi Cabai Jawa (Piper retrofractum)

3. Apabila kita berada pada situasi akan menolong orang yang henti napas karena tenggelam dan paru-paru korban terisis oleh air. Bagaimana solusi kalian untuk menolong korbannya ?

Jawab :

Pernapasan bermaksud untuk mengambil oksigen yang berguna untuk proses oksidasi dalam sel-sel jaringan dan pengeluaran karbondioksida yang tidak berguna dari tubuh melalui paru –paru. Bila mendapatkan seseorang mengalami pingsan atau sulit bernapas, maka yang harus kita lakukan adalah bersihkan saluran pernapasan, hidung jangan ada yang menghalangi, dan mulut jangan ada lumpur atau makanan.

 

4. Para astronaut yang berada di luar angkasa yang hampa udara dan para penyelam yang berada di lautan masih dapat bernapas dengan normal karena membawa tabung oksigen untuk memenuhi kebutuhan O2. Bagaimana menurut kalian mekanisme pernapasan manusia saat diruang yang hampa udara ?

Info lain :  Kumpulan Teori Percobaan Fotosisntesis (Ingenhousz, Engelmann, dan Sachs)

Jawab :

Berada di dalam ruang hampa udara bisa menimbulkan banyak bahaya bagi manusia bahkan jika ia hanya berada dalam waktu beberapa detik saja. Hal ini karena di dalam ruangan tersebut tubuh tidak mendapatkan pasokan oksigen.
Jika seseorang tidak bisa bernapas akan menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Kondisi ini mungkin akan membuat seseorang tetap sadar selama beberapa detik sampai akhirnya darah yang tidak mengandung oksigen tersebut mencapai otak. Mekanisme pernapasannya sama tetapi hanya perlu menggunakan alat bantu pernapasan yang berupa cadangan tabung oksigen agar tetap bernapas dengan baik.

 

5. Dalam sebuah artikel menyatakan bahwa ternyata sesorang yang sering batuk akan menggangu mekanisme kerja jantung. Bagaimana cara kerja sistem pernapasan yang berhubungan dengan jantung ?

Jawab :

Batuk pada dasarnya adalah tindakan refleks mekanisme kerja tubuh untuk mengusir benda asing yang dapat mengiritasi saluran pernapasan. Bahkan, produksi lendir (ketika batuk) merupakan sebuah mekanisme perlindungan saluran pernapasan. Namun, batuk yang keras dan terus-menerus  bisa disebabkan karena penyakit tertentu. Batuk kronis umumnya menjadi sebuah indikasi adanya infeksi saluran pernafasan. Umumnya, batuk diderita oleh mereka yang menderita saluran pernapasan atas atau bawah. Sebelum paru-paru dapat melaksanakan fungsi pertukaran oksigen dan karbon dioksida, udara yang kita hirup, terlebih dahulu melewati komponen dari organ pernapasan.

Info lain :  Sistem Peredaran Darah : Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Darah

Organ-organ pernapasan bisa meradang jika kita menghirup iritan seperti debu, bahan kimia, asap, atau penyebab penyakit mikroba. Kondisi ini mendorong sistem kekebalan tubuh untuk mengusir iritasi tersebut dengan lendir. Jantung adalah organ pemompa yang memasok darah terdeoksigenasi ke paru-paru, yang kemudian dibawa pembuluh darah ke seluruh bagian tubuh. Jika kemampuan memompa jantung terganggu, hal ini akan menimbulkan kongesti paru. Cairan di dalam paru-paru dan jantung bdapat menimbulkan gejala seperti batuk, sesak napas atau gangguan penyakit pada organ pernapasan lainnya.

 

BIologi HOTS Manusia pernapasan SMA Soal

Related Post