Contoh Tugas Biodiversitas Berkaitan dengan Kesehatan

Posted on

Biodiversitas dan Kesehatan

 

  1. Biodiversitas dan Dampak Kesehatan Pada Manusia

Kaitan antara perubahan ekosistem, biodiversitas dan kesehatan adalah kompleks. Kaitan ini mencakup juga perubahan lingkungan sosial dan global, seperti perubahan iklim, migrasi dan pertumbuhan populasi. Banyak cara bagi faktor-faktor tersebut berinteraksi dalam mempengaruhi penyakit. Para ahli harus bisa lebih mengerti tentang kompleksitas siklus hidup dan ekologi penyakit termasuk genetik patogen serta evolusi dan interaksi spesies.
Studi-studi penelitian yang dilakukan akhir-akhir ini pada keterkaitan antara biodiversitas dan kesehatan membantu untuk menjelaskan perubahan diversitas biologik yang mempengaruhi kesehatan. Namun demikian implikasi kebijakan dari penelitian tersebut masih harus dirancang dan diimplementasikan. Studi-studi penelitian tersebut dan pendekatan terhadap evaluasi kebijakan yang mengintegrasikan biodiversitas dan kesehatan manusia dapat membantu menyatukan antara tujuan kesehatan masyarakat dengan tujuan konservasi.
Sejumlah penyakit menunjukan perubahan biodiversitas berhubungan dengan dampak kesehatan pada manusia pada tingkatan yang berbeda. Perubahan diversitas hospes memunculkan penyakit Lyme disease (Borrelia burgdorferi) di wilayah timur laut Amerika Serikat; Hantavirus pulmonary syndrome (HPA) di Panama; dan West Nile virus di negara bagian Louisiana, Amerika Serikat. Sedangkan perubahan diversitas predator memunculkan shistosomiasis (Schistosoma haematobium) yang terjadi di danau Malawi, Afrika. Begitu juga perubahan diversitas struktural/vektor menyebabkan timbulnya enteric disease di Uganda dan malaria di Peru.
 

  1. Manfaat Biodiversitas Sebagai Bahan Obat
Menarik Lainnya  Hakikat Sains : Definisi, Karakteristik, dan Ruang Lingkup

Biodiveritas pada beberapa tanaman juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhakan berbagai penyakit. Contohnya adalah tanaman kumis kucing untuk obat penyakit ginjal, kunyit digunakan untuk penyakit tukak lambung, kina digunakan untuk obat malaria, tanaman semangka digunakan untuk antidiuretik, dan lain-lain.
 

  1. Bagaimanakah keterkaitan antara biodiversitas dengan kesehatan ?

Jawab : Keterkaitan antara perubahan biodiversitas dan kesehatan sangat kompleks, mencakup perubahan lingkungan sosial, perubahan iklim dan migrasi. Faktor-faktor tersebut berinteraksi dalam mempengaruhi penyakit yang ditumbulkan dari perubahan biodiversitas.

  1. Bagaimanakah kebijakan dari penelitian dalam menangani biodiversitas yang berpengaruh pada kesehatan manusia ?

Jawab : Kebijakan dari penelitian tersebut masih harus dirancang untuk mengevaluasi kebijakan yang mengintegrasikan biodiversitas dan kesehatan manusia dapat membantu menyatukan antara tujuan kesehatan masyarakat dengan tujuan konservasi.

  1. Sebutkan contoh berbagai macam penyakit yang ditimbulkan dari perubahan biodiversitas !
Menarik Lainnya  Kekuatan Hebat Sang Daun Sirih

Jawab : Perubahan diversitas hospes memunculkan penyakit Lyme disease (Borrelia burgdorferi) di wilayah timur laut Amerika Serikat, Hantavirus pulmonary syndrome (HPA) di Panama, dan West Nile virus di negara bagian Louisiana, AS. Perubahan diversitas predator memunculkan shistosomiasis (Schistosoma haematobium) yang terjadi di danau Malawi, Afrika. Perubahan diversitas struktural/vektor menyebabkan timbulnya enteric disease di Uganda dan malaria di Peru.

  1. Biodiversitas pada tanaman juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sebutkan contoh dari keanekaragaman tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan !

Jawab : Tanaman kumis kucing untuk obat penyakit ginjal, kunyit digunakan untuk penyakit tukak lambung, kina untuk obat malaria, buah semangka digunakan untuk antidiuretik.
 
Sumber : Pongsiri M.  (2009). Biodiversity Loss Affects Global Disease Ecology. Journal BioScience 59(11): 945-954.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *