Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

317 views

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar

Menurut Slameto (2010:54) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ada dua macam yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

A.      Faktor Intern

            Faktor Intern adalah faktor yang ada dalam individu yang sedang belajar, seperti:

1)      Faktor Jasmaniah

(a)   Faktor kesehatan

Proses belajar seseorang akan terganggu jika kesehatan orangterganggu, selain itu juga akan cepat lelah, kurang bersemangat, mudah pusing, mengantuk, kurang darah atau gangguan fungsi alat indera. 

(b)   Cacat tubuh

Cacat tubuh ini dapat berupa buta, tuli, patah kaki dan patah tangan. 

2)   Faktor Psikologis

(a)  Intelegensi

Siswa yang mempunyai tingkat intelegensi yang tinggi akan lebih berhasil daripada yang mempunyai tingkat intelegensi yang rendah. Siswayang mempunyai intelegensi tinggi dapat berhasil dengan baik dalam belajarnya  dikarenakan belajar dengan menerapkan metode belajar yang efisien. Sedangkan yang mempunyai intelegensi rendah perlu mendapatkan pendidikan khusus. 

(b)  Perhatian

Perhatian menurut Ghazali yang dikutip oleh Slameto (2010:56) adalah keaktifan jiwa yang dipertinggi, jiwa itu pun semata-mata tertuju kepada suatu obyek benda/hal atau sekumpulan obyek. Untuk dapat menjamin hasil belajar yang baik maka siswa harus mempunyai perhatian terhadap bahan yang dipelajarinya.

(c)  Minat

Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan danmengenang beberapa kegiatan. Minat besar pengaruhnya terhadap belajar.Bahan pelajaran yang menarik minat siswa, lebih mudah dipelajari dandisimpan karena minat menambah kegiatan belajar.

(d)  Bakat

Bakat adalah kemampuan untuk belajar. Kemampuan itu baru akanterealisasi menjadi kecakapan yang nyata sesudah belajar atau berlatih.

(e)  Motivasi

Seseorang akan berhasil dalam belajarnya bila mempunyai penggerak atau pendorong untuk mencapai tujuan. Penggerak atau pendorong inilah yangdisebut dengan motivasi.

(f)  Kematangan

Kematangan adalah suatu tingkat atau fase dalam pertumbuhan seseorang, di mana alat-alat tubuhnya sudah siap untuk melaksanakan kecakapan baru. Belajar akan berhasil bila anak sudah siap (matang).

(g)  Kesiapan

Kesiapan adalah kesediaan untuk memberikan respon atau
bereaksi.Kesiapan ini perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar karena
jikasiswa sudah memiliki kesiapan dalam belajar maka hasil belajarnya akan
lebih baik.

3)     Faktor Kelelahan

Kelelahan dibedakan menjadi dua macam yaitu kelelahan  jasmani dankelelahan rohani. Kelelahan jasmani terlihat dengan lemah lunglai, sedangkankelelahan rohani terlihat dengan kelesuan dan kebosanan. 

B. Faktor Ekstern

1)      Keadaan keluarga

Keluarga merupakan lingkungan utama dalam proses belajar. Keadaan yang ada dalam keluarga mempunyai pengaruh yang besar dalam pencapaian prestasi belajar misalnya cara orang tua mendidik, relasi anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua. 

2)     Keadaan sekolah

Lingkungan sekolah adalah lingkungan di mana siswa belajar secara sistematis. Kondisi ini meliputi metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, metode belajar  dan fasilitas yang mendukung  lainnya.

3)     Keadaan masyarakat

Siswa akan mudah kena pengaruh lingkungan masyarakat karena keberadannya dalam lingkungan tersebut. Kegiatan dalam masyarakat, masa media, teman bergaul, lingkungan tetangga merupakan hal-hal yang dapat mempengaruhi siswa  sehingga perlu diusahakan lingkungan yang positif untuk mendukung belajar siswa.
Dari berbagai faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa maka peneliti mengkaji motivasi belajar dan metode pembelajaran.
Pustaka :
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

   Menurut Purwanto (1996: 107), hasil belajar yang dicapai peserta didik dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu faktor dari dalam diri peserta didik dan faktor yang datang dari luar diri peserta didik.

1) Faktor dalam 

faktor fisiologi

yang terdiri dari kondisi fisik dan kondisi panca indera.

faktor psikiologi

yang terdiri dari bakat, minat, kecerdasan, motivasi, dan kemampuan kognitif.

2) Faktor luar 

dari lingkungan baik alam maupun sosial, dan instrumental yang terdiri atas kurikulum/ bahan ajar, guru, sarana dan fasilitas, serta administrasi/ manajemen.

Other Search
Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar

Kajian Pustaka Belajar Psikologis Faktor-faktor Prestasi

Related Post