Hakikat Pembelajaran IPA di SD

Posted on

a.      Pembelajaran IPA di SD

Pembelajaran merupakan
persiapan di masa depan, dalam hal ini masa depan kehidupan anak yang ditentukan
orang tua. Oleh karenanya, sekolah mempersiapkan mereka untuk hidup dalam
masyarakat yang akan datang.
Pembelajaran merupakan suatu
proses penyampaian pengetahuan, yang
dilaksanakan dengan menuangkan pengetahuan kepada siswa (Oemar
Hamalik, 2008: 25).
Bila pembelajaran
dipandang sebagai suatu proses, maka pembelajaran merupakan rangkaian upaya
atau kegiatan guru dalam rangka membuat siswa belajar. Proses tersebut dimulai
dari merencanakan progam pengajaran tahunan, semester dan penyusunan persiapan
mengajar (lesson plan) berikut persiapan perangkat kelengkapannya antara
lain berupa alat peraga dan alat-alat evaluasinya (Hisyam Zaini, 2004: 4).

Berdasar beberapa pendapat
diatas maka disimpulkan pembelajaran adalah suatu proses dan rangkaian upaya
atau kegiatan guru dalam rangka membuat siswa belajar, pembelajaran juga
merupakan persiapan di masa depan dan sekolah mempersiapkan mereka untuk hidup
dalam masyarakat yang akan datang. 
Ilmu Pengetahuan Alam
merupakan mata pelajaran di SD

yang dimaksudkan agar siswa mempunyai
pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar, yang
diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah antara lain penyelidikan,
penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan.
IPA adalah pengetahuan khusus yaitu dengan melakukan observasi,
eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori dan demikian seterusnya kait
mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain (Abdullah, 1998: 18).
IPA berhubungan dengan cara
mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya
penguasaan kumpulan sistematis dan IPA bukan hanya penguasaan kumpulan
pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja,
tetapi juga merupakan suatu proses penemuan (Sri Sulistyorini, 2007:  39).
Menurut Iskandar IPA adalah ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa
yang terjadi alam (Iskandar, 2001: 2).  
Ilmu Pengetahuan Alam
merupakan mata pelajaran di SD yang dimaksudkan agar siswa mempunyai
pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar, yang
diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah antara lain
penyelidikan, penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan. Pada prinsipnya, mempelajari
IPA sebagai cara mencari tahu dan cara mengerjakan atau melakukan dan membantu
siswa untuk memahami alam sekitar secara lebih mendalam (Depdiknas dalam Suyitno,
2002: 7).
Dari beberapa pendapat di atas
maka dapat disimpulkan pembelajaran IPA adalah ilmu yang mempelajari
peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam dengan melakukan observasi,
eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori agar siswa mempunyai pengetahuan,
gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar, yang diperoleh dari
pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah antara lain penyelidikan,
penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan.
b.      Tujuan Pembelajaran IPA di SD
Pembelajaran IPA di SD/MI bertujuan agar siswa:
1)     
Mengembangkan rasa ingin tahu dan
suatu sikap positif terhadap sains, teknologi dan masyarakat.
2)     
Mengembangkan keterampilan proses
untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3)     
Mengembangkan pengetahuan dan
pemahaman konsep-konsep sains yang akan bermanfaat dan dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari.
4)     
Mengembangkan kesadaran tentang
peran dan pentingnya sains dalam kehidupan sehari-hari.
5)     
Mengalihkan pengetahuan,
keterampilan dan pemahaman ke bidang pengajaran lain.
6)     
Ikut serta dalam memelihara,
menjaga dan melestarikan lingkungan
alam.

Menghargai berbagai macam bentuk ciptaan Tuhan di alam
semesta ini untuk dipelajari (Sri Sulistiyorini, 2007: 40)

 
 
Abdullah. 1998. Pendidikan Sains Yang Humanistis. Surabaya: Kanisius.

Hisyam
Zaini. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Institut Agama
Islam Negeri Yogyakart
a.

Iskandar. 2001: 2). Pendidikan Ilmu Pengetahuan alam. IKIP
Malang

Oemar Hamalik. 2008.
Motivasi Belajar. Bandung: Rajawali
Pers.

Suyitno. 2002. Ilmu
Alamiah Dasar.
UNY
Sulistyorini Sri. 2007. Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Alam
. UMS.