3 Bidang Hasil Belajar Menurut Bloom : Afektif, Kognitif, Psikomotor

3 Bidang Hasil Belajar Menurut Bloom : Afektif, Kognitif, Psikomotor

Bloom dalam Winkel  (2005: 273) menggolongkan tiga tipe hasil belajar yang berkaitan dan saling melengkapi. Ketiga kategori ini disebut ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

1. Kognitif

Bloom menggolongkan enam tingkatan dalam ranah kognitif dari pengetahuan sederhana sebagai tingkatan yang paling rendahke penilaian yang paling kompleks dan abstrak sebagai tingkatan yang paling tinggi. Keenam tingkatan tersebut meliputi
 (1) pengetahuan,
 (2) pemahaman,
 (3) penerapan,
 (4) analisis, 
 (5) sintesis dan 
 (6) penilaian. 

2. Afektif

Bidang afektif dimulai dari tingkat yang dasar/sederhana, sampai tingkatan yang kompleks. Tingkatan-tingkatan tersebut yaitu,
  (1) penerimaan,
  (2) partisipasi, 
  (3) penilaian, 
  (4) organisasi,
  (5) pembentukan pola hidup. 

Psikomotor

Tingkatan dalam ranah psikomotor dimulai dengan refleks yang sederhana pada tingkatan 
 (1) persepri, 
 (2) kesiapan, 
 (3) gerakan terbimbing, 
 (4) gerakan yang terbiasa,
 (5) gerakan kompleks,
 (6) penyesuaian pola gerak dan
 (7) kreativitas.

3 thoughts on “3 Bidang Hasil Belajar Menurut Bloom : Afektif, Kognitif, Psikomotor”

  1. What i don't realize is actually how you are not actually a lot more well-liked than you may be right now. You are very intelligent. You recognize thus considerably in terms of this topic, made me personally imagine it from a lot of varied angles. Its like women and men are not fascinated unless it's something to do with Woman gaga!
    Your own stuffs excellent. Always deal with it up!
    Also see my website :: cool articles about science

    Reply

Leave a Comment