Karakteristik Pembelajaran dan Peserta Didik Abad 21

Posted on

A. Karakteristik Pembelajaran Abad 21

  1. Fenomena dan karakteristik pembelajaran abad 21
  2. Berpikir kritis dan penyelesaian masalah (critical thinking and problem solving) mrupakan keterampilan yang diperlukan peserta didik untuk menghadapi kompleksitas dan ambiguitas informasi yang besar.
  3. Kreatifitas dan inovasi (creativity and innovation) yang merupakan kunci pertumbuhan bagi negara berkembang.
  4. Pemahaman lintas budaya (cross-cultural understanding) , menjadi hal yang penting dalam melakukan komunikasi dan interaksi agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan terpelihara rasa persatuan dan kesatuan nasional.
  5. Komunikasi, literasi informasi dan media (media literacy, information, and communication skill) yang dimaksudkan agar peserta didik dapat menjalin hubungan dan menyampaikan gagasan dengan baik secara lisan, tulisan, atau non verbal.
  6. Komputer dan literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (computing and ICT literacy), yang mengandung kemampuan untuk memformulasikam pengetahuan, mengekspresikan diei secara kreatif dan tepat, serta menciptakan dan menghasilkan informasi bukan sekedar memahami informasi.
  7. Karir dan kehidupan (life and career skill), yang dimaksudkan adalah peserta didik akan berkarya dan berkarir di masyarakat dimana dunia kerja memerlukan orang-orang yang mandiri, suka mengambil inisiatif, pandai mengelola waktu, dan berjiwa kepemimpinan.
Menarik Lainnya  Pengertian Membaca Menurut Tarigan, Hodgson, St. Y. Slamet

 

B. Karakterisik peserta didik abad 21

  • Generasi z berada pada rentang usia 1419 tahun dan memiliki banyak sebutan seperti generasi I, Generation Next, New Silent Generation, Homelander, generasi youtube, generasi net, dan sebagainya (Giunta, 2017). Generasi Z mrnyukai kebebasan dalam belajar.
  • generasi M2 dimana pada usia 8-18 tahun generasi ini lebih banyak menghabiskan waktu berinteraksi dengan media genre baru (new media) seperti komputer, internet dan video games
  • Kehadiran guru dalam pembelajaran abad 21 sangat diperlukan untuk menjamin terjadinya proses pembelajaran yang bermakna, berkarakter, dan memiliki orientasi pengembangan keterampilan-keterampilan penting abad 21.

Kehadiran guru dalam pembelajaran abad 21 sangat diperlukan untuk menjamin terjadinya proses pembelajaran yang bermakna, berkarakter, dan memiliki orientasi pengembangan keterampilan-keterampilan penting abad 21.

Menarik Lainnya  Indikator Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *