Langkah-langkah prosedur remedial

216 views

Dalam melaksanakan kegiatan remedial
sebaiknya mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1).  Analisis Hasil Diagnosis

Seperti yang telah Anda ketahui,
diagnosis kesulitan belajar adalah suatu proses pemeriksaan terhadap siswa yang
diduga mengalami kesulitan dalam belajar.

Melalui kegiatan diagnosis guru akan
mengetahui para siswa yang perlu mendapatkan bantuan. Untuk keperluan kegiatan
remedial, tentu yang menjadi fokus perhatian adalah siswa-siswa yang mengalami
kesulitan dalam belajar yang ditunjukkan tidak tercapainya kriteria
keberhasilan belajar. Apabila kriteria keberhasilan 80 %, maka siswa yang
dianggap berhasil jika mencapai tingkat penguasaan 80 % ke atas, sedangkan
siswa yang mencapai tingkat penguasaannya di bawah 80 % dikategorikan belum
berhasil.Mereka inilah yang perlu mendapatkan remedial. Setelah guru mengetahui
siswa-siswa mana yang harus mendapatkan remedial, informasi selanjutnya yang
harus diketahui guru adalah topik atau  materi apa yang belum dikuasai oleh siswa
tersebut. Dalam hal ini guru harus melihat kesulitan belajar siswa secara
individual.Hal ini dikarenakan ada kemungkinan masalah yang dihadapi siswa satu
dengan siswa yang lainnnya tidak sama.Padahal setiap hari siswa harus
mendapatkan perhatian dari guru.


2). Menemukan Penyebab Kesulitan

Sebelum anda merancang kegiatan  remedial, terlebih dahulu harus mengetahui
mengapa siswa mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran.Faktor
penyebab kesulitan ini harus diidentifikasi terlebih dahulu, karena gejala yang
sama yang ditunjukkan oleh siswa dapat ditimbulkan sebab yang berbeda dan
faktor penyebab ini akan berpengaruh terhadap pemilihan jenis kegiatan
remedial.

3).
Menyusun Rencana Kegiatan Remedial Keterampilan Membaca Pemahaman
Setelah
diketahui siswa-siswa yang perlu mendapatkan remedial, topik yang belum
dikuasai setiap siswa, serta faktor penyebab kesulitan,langkah selanjutnya
adalah menyusun rencana pembelajaran. Sama halnya pada pembelajaran  pada umumnya, komponen-komponen yang harus
direncanakan dalam melaksanakan kegiatan remedial adalah sebagai berikut : (1)
Merumuskan indikator hasil belajar;(2) Menentukan materi yang sesuai dengan
indikator hasil belajar;(3) Memilih strategi dan metode yang sesuai dengan
karakteristik siswa;(4) Merencanakan waktu yang diperlukan;(5) Menentukan
jenis, prosedur dan alat penilaian.
4). Melaksanakan Kegiatan Remedial
Keterampilan Membaca Pemahaman

Setelah kegiatan perencanaan
remedial disusun,langkah berikutnya adalah melaksanakan kegiatan remedial.Sebaiknya
pelaksanaan kegiatan remedial dilakukan sesegera mungkin, karena semakin cepat
siswa dibantu mengatasi kesulitan yang dihadapinya, semakin besar kemungkinan
siswa tersebut berhasil dalam belajarnya

5).  Menilai Kegiatan Remedial Keterampilan Membaca
Pemahaman

Untuk mengetahui berhasil tidaknya kegiatan remedial yang
telah dilaksanakan, harus dilakukan penilaian. Penilaian ini dapat dilakukan
dengan cara mengkaji kemajuan belajar siswa.Apabila siswa mengalami kemajuan
belajar sesuai yang diharapkan, berarti kegiatan remedial yang direncanakan dan
dilaksanakan cukup efektif membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Tetapi, apabila siwa tidak mengalami kemajuan dalam belajarnya berarti kegiatan
remedial yang direncanakan dan dilaksanakan kurang efektif. Untuk itu guru
harus menganalisis setiap komponen pembelajaran.

script of Muhlisin

Kajian Pustaka

Related Post