Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran PQ4R

Posted on
LEMBAR
OBSERVASI
KETERLAKSANAAN
SINTAKS PEMBELAJARAN
STRATEGI
PQ4R
Mata
Pelajaran          : Biologi
Kelas                           : Kelas Eksperimen
Sekolah                       : SMA Negeri 1 Mojolaban
Pertemuan                 : 1-2
Alokasi
Waktu           : 4 x 45 Menit
Pertemuan
pertama (2 x 45 menit)
No
Langkah Pembelajaran
Keterlaksanaan
Keterangan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
Membuka
pelajaran, mengucapkan salam, mempresensi siswa, dan menyiapkan alat bahan
Menjawab
salam, melaporkan presensi, memposisikan diri dalam pembelajaran.
  
2
Mengaitkan
pengetahuan awal dengan materi pembelajaran (Apersepsi)
Melihat
gambar yang ditampilkan guru dan menjawab pertanyaan guru
   
3
Mengajukan
pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran (Motivasi)
Menjawab
pertanyaan guru
   
4
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Mendengarkan
penjelasan dari guru
   
   
5
Menyampaikan
runtutan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini
Memperhatikan
informasi dari guru dan menjawab pertanyaan guru
  
   
6
Memberikan literatur bahan
bacaan dan gambar tentang materi limbah
Menerima dan mencermati bahan
ajar yang diberikan guru
  
   
7
Menjelaskan kegiatan yang
dilakukan hari ini untuk melatih siswa membaca dan berfikir kritis agar lebih
mudah memahami materi dengan menemukan sendiri.
Memperhatikan penjelasan guru
  
   
8
Meminta siswa berkelompok
secara heterogen @ 6 orang
Siswa berkelompok secara
heterogen
  
   
9
(PREVIEW)
Menginformasikan  siswa untuk menemukan ide pokok pembelajaran
yang dicapai
(PREVIEW)
Siswa mengkaji sekilas literatur yang diberikan dari
guru mengenai pengertian, jenis, dan dampak yang ditimbulkan limbah.
  
   
10
(QUESTIONS)
Guru meminta siswa membuat
pertanyaan yang relevan yang berkaitan tentang materi limbah.
(QUESTIONS)
Siswa membuat pertanyaan yang
relevan dan menemukan permasalahan-permasalahan dari materi limbah yang
dikaji.
  
   
11
(READ)
Mengarahkan siswa untuk
menanggapi dan menjawab pertanyaan yang muncul tadi dengan membaca literatur
kembali.
(READ)
Siswa mengkaji lebih dalam
lagi dengan membaca literatur limbah untuk menjawab dan menanggapi pertanyaan
dan masalah yang muncul.
  
   
12
(REFLECT)
Menginformasikan
materi-materi yang terkait dengan literatur limbah.
(REFLECT)
Siswa memecahkan masalah dari
informasi yang diberikan guru dengan pengetahuan yang diketahuinya melalui
presentasi.
  
   
13
(RECITE)
Meminta siswa membuat
intisari / outline dari seluruh pembahasan pelajaran hari ini
(RECIIE)
Membuat outline/ intisari seluruh
pelajaran hari ini
  
   
14
(REVIEW)
Meminta beberapa siswa untuk
maju ke depan kelas mengutarakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang
telah dibuat, ide-ide pokok,
(REVIEW)
Mengutarakan secara lisan
dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat, ide-ide pokok, bagian yang
sulit dipahami dari literatur
  
   
15
Memberikan tanggapan dan
masukan terhadap presentasi dan diskusi kelas.
Memperhatikan penjelasan guru
  
   
16
Membahas beberapa pertanyaan
yang diajukan
Mencermati dan memahami
penjelasan dari guru.
  
   
17
Mengklarifikasi hal-hal yang
salah selama presentasi berlangsung
Mencermati dan memahami
penjelasan dari guru.
  
   
18
Memberi kesempatan untuk
bertanya tentang materi yang belum dipahami atau pertanyaan yang belum
terjawab.
Memanfaatkan kesempatan
bertanya yang diberikan guru
  
   
19
Mengarahkan siswa untuk
menarik kesimpulan palejaran hari ini.
Siswa mencoba menarik
kesimpulan dari pembahasan hari ini
  
   
20
Memberikan penugasan  pertemuan selanjutnya
Mendengarkan perintah dari
guru
  
   
21
Menutup pembelajaran dengan
salam
Menjawab salam dari guru
  
   
Pertemuan kedua (2x 45 menit)
No
Langkah Pembelajaran
Keterlaksanaan
Keterangan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
Membuka
pelajaran, mengucapkan salam, mempresensi siswa, dan menyiapkan alat bahan
Menjawab
salam, melaporkan presensi, memposisikan diri dalam pembelajaran.
   
  
2
Mengaitkan
pengetahuan awal dengan materi pembelajaran (Apersepsi)
Melihat
gambar yang ditampilkan guru dan menjawab pertanyaan guru
   
  
3
Mengajukan
pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran (Motivasi)
Menjawab
pertanyaan guru
   
  
4
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Mendengarkan
penjelasan dari guru
   
  
5
Menyampaikan
runtutan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini
Memperhatikan
informasi dari guru dan menjawab pertanyaan guru
   
  
6
Memberikan literatur bahan
bacaan dan gambar tentang materi limbah
Menerima dan mencermati bahan
ajar yang diberikan guru
   
  
7
Menjelaskan kegiatan yang
dilakukan hari ini untuk melatih siswa membaca dan berfikir kritis agar lebih
mudah memahami materi dengan menemukan sendiri.
Memperhatikan penjelasan guru
   
  
8
Meminta siswa berkelompok
secara heterogen @ 6 orang
Siswa berkelompok secara
heterogen
   
  
9
(PREVIEW)
Menginformasikan  siswa untuk menemukan ide pokok pembelajaran
yang dicapai
(PREVIEW)
Siswa mengkaji sekilas literatur yang diberikan dari
guru tentang penanganan dan prosedur kerja daur ulang limbah.
   
  
10
(QUESTIONS)
Guru meminta siswa membuat
pertanyaan yang relevan yang berkaitan tentang materi limbah.
(QUESTIONS)
Siswa membuat pertanyaan yang
relevan dan menemukan permasalahan-permasalahan dari materi limbah yang
dikaji.
   
  
11
(READ)
Mengarahkan siswa untuk
menanggapi dan menjawab pertanyaan yang muncul tadi dengan membaca literatur
kembali.
(READ)
Siswa memahami dengan membaca
literatur limbah untuk menjawab dan menanggapi pertanyaan dan masalah yang
muncul.
   
  
12
(REFLECT)
Menginformasikan
materi-materi yang terkait dengan literatur limbah.
(REFLECT)
Siswa memecahkan masalah dari
informasi yang diberikan guru dengan pengetahuan yang diketahuinya dengan
presentasi.
   
  
13
(RECITE)
Meminta siswa membuat
intisari / outline dari seluruh pembahasan pelajaran hari ini
(RECIIE)
Membuat outline/ intisari seluruh
pelajaran hari ini
   
  
14
(REVIEW)
Meminta beberapa siswa untuk
maju ke depan kelas mengutarakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang
telah dibuat, ide-ide pokok,
(REVIEW)
Mengutarakan secara lisan
dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat, ide-ide pokok, bagian yang
sulit dipahami dari literatur
   
  
15
Memberikan tanggapan dan
masukan terhadap presentasi dan diskusi kelas.
Memperhatikan penjelasan guru
   
  
16
Membahas beberapa pertanyaan
yang diajukan
Mencermati dan memahami
penjelasan dari guru.
   
  
17
Mengklarifikasi hal-hal yang
salah selama presentasi berlangsung
Mencermati dan memahami
penjelasan dari guru.
   
  
18
Memberi kesempatan untuk
bertanya tentang materi yang belum dipahami atau pertanyaan yang belum
terjawab.
Memanfaatkan kesempatan
bertanya yang diberikan guru
   
  
19
Mengarahkan siswa untuk
menarik kesimpulan palejaran hari ini.
Siswa mencoba menarik
kesimpulan dari pembahasan hari ini
   
  
20
Memberikan penugasan  pertemuan selanjutnya
Mendengarkan perintah dari
guru
   
  
21
Menutup pembelajaran dengan
salam
Menjawab salam dari guru