Macam-macam Tipe Belajar dari Segi Proses Maupun Hasil

121 views

 

  Macam-macam Tipe Belajar dari Segi Proses Maupun Hasil

         

A. Belajar Dari Segi Proses dan Hasil

Gagne dalam Winkel (2005: 102), berpendapat bahwa belajar dapat dilihat dari segi
proses dan dari segi hasil. Dari segi proses, menurut Gagne ada delapan tipe belajar, yaitu :

1) Belajar signal

Yang menjadi unsur pokok belajar ini yaitu memberikan reaksi terhadap perangsang.

2) Belajar mereaksi perangsang melalui penguatan

Yang menjadi pokok dalam pola belajar ini adalah penguatan. Dalam pola belajar ini, dibentuk hubungan antara suatu perangsang dan suatu reaksi berdasarkan efek yang mengikuti pemberian reaksi tertentu. Reaksi akan diberikan berulang-ulang pada saat terjadi penguatan atau reinforcement.

3) Belajar membentuk rangkaian

Belajar membentuk rangkaian, yaitu  belajar menghubung-hubungkan gejala/ faktor/ yang satu dengan yang lain, sehingga menjadi satu kesatuan (rangkaian) yang berarti

4) Belajar asosiasi verbal

Belajar asosiasi verbal, yaitu memberikan reaksi dalam bentuk kata-kata, bahasa, terhadap perangsang yang di terimanya. Dalam belajar di sekolah, belajar membentuk rangkaian verbal memegang peranan penting, khususnya dalam belajar informasi verbal.

5) Belajar membedakan hal yang majemuk

Belajar membedakan hal yang  majemuk, yaitu memberikan reaksi yang berbeda terhadap perangsang yang hampir sama sifatnya. Hasil belajar cara belajar ini ialah kemampuan untuk membeda-bedakan antara semua obyek yang terdapat dalam lingkungan fisik yang berbadan.

6) Belajar konsep

Belajar konsep, yaitu menempatkan obyek menjadi satu klasifikasi tertentu.

7) Belajar prinsip Belajar kaidah atau belajar prinsip,

yaitu menghubung-hubungkan beberapa konsep. Pengungkapan hubungan atau relasi tetap di antara semua konsep itu, biasanya dituangkan dalam bentuk kalimat.

8) Belajar memecahkan masalah

Belajar memecahkan masalah, yaitu menghubungkan beberapa kaidah atau prinsip untuk memecahkan masalah/persoalan.

B. Belajar berdasarkan hasilnya

Sedangkan belajar yang berkenaan dengan hasil, Gagne mengemukakan ada lima jenis, yaitu :

1) Belajar informasi verbal

Belajar melalui informasi verbal seperti membaca, mengarang, bercerita, mendengarkan uraian guru, kesanggupan menyatakan pendapat dalam bahasa lisan/ tulisan, berkomunikasi, kesanggupan memberi arti dari setiap kata/ kalimat dan lain-lain.

2) Belajar kemahiran intelektual

Belajar kemahiran intelektual ialah kemampuan berhubungan dengan lingkungan hidup dan dirinya sendiri dalam bentuk suatu representasi, khususnya konsep dan berbagai lambang / simbol (huruf, angka, kata, gambar).

3) Belajar pengaturan

kegiatan kognitif Belajar pengaturan kegiatan kognitif menekankan pada kesanggupan memecahkan masalah melalui konsep dan kaidah yang telah dimilikinya.

4) Belajar keterampilan

motorik  Belajar keterampilan motorik banyak berhubungan dengan kesanggupan menggunakan gerakan anggota badan, sehingga memiliki rangkaian urutan gerakan yang teratur, luwes, tepat, cepat dan lancar. Misalnya belajar mengetik, menjahit, bermain basket, dan lain-lain.

5) Belajar sikap

Sikap merupakan kesiapan dan kesediaan seseorang untuk menerima atau menolak suatu obyek berdasarkan penilaian terhadap obyek itu. Hasil belajar sikap nampak dalam bentuk kemauan, minat, perhatian, perubahan perasaan, dan lain-lain. Sikap dapat dipelajari dan dapat diubah melalui proses belajar.

Kajian Pustaka Belajar

Related Post