Macam -macam Metode Inkuiri

Posted on

a.     
Macam -macam Metode Inkuiri

Metode inkuiri
adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh
kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis. Metode inkuiri
mempunyai beberapa macam jenis antara lain inkuiri terpimpin, inkuiri bebas dan
inkuiri bebas yang dimodifikasi.
Sund and Trowbridge mengemukakan tiga macam metode inkuiri sebagai berikut:
1)          
Inkuiri terpimpin ( Guide inquiry
);
peserta didik memperoleh pedoman sesuai dengan yang dibutuhkan. Pedoman
pedoman tersebut biasanya berupa pertanyaan pertanyaan yang membimbing.
Pendekatan ini terutama bagi para peserta didik yang belum berpengalaman
belajar dengan metode inkuiri, dalam hal ini guru memberikan bimbingan dan
pengarahan yang cukup luas. Pada tahap awal bimbingan lebih banyak diberikan,
dan sedikit demi sedikit dikurangi sesuai dengan perkembangan pengalaman
peserta didik. Dalam pelaksanaannya sebagian besar perencanaan dibuat oleh
guru. Peserta didik tidak merumuskan permasalahan. Petunjuk yang cukup luas
tentang bagaimana menyusun dan mencatat data diberikan oleh guru.
2)          
Inkuiri bebas (free inquiry),
pada inkuiri bebas peserta didik

melakukan penelitian sendiri bagaikan seorang
ilmuan. Pada pengajaran ini peserta didik harus mengidentifikasikan dan
merumuskan berbagai topik permasalahan yang hendak diselidiki. Metodenya adalah
inquiry role approach yang melibatkan
peserta didik dalam kelompok tertentu, setiap anggota kelompok memiliki
tugasnya sendiri sendiri, misalnya koordinator kelompok, pembimbing teknis,
pencatatan data dan pengevaluasi proses.
3)          
Inkuiri bebas yang dimodifikasi (modifiel
free Inquiry
);
pada inkuiri ini guru memberikan permasalahan atau problem
dan kemudian peserta didik diminta untuk memecahkan permasalahan tersebut
melalui pengamatan, eksplorasi, dan prosedur penelitian (Sund and Trowbridge
dalam Trianto, 2007: 146).
Berdasarkan pendapat para ahli
di atas maka macam macam metode inkuiri dapat disimpulkan yaitu inkuiri
terpimpin yaitu pendekatan yang diberikan kepada peserta didik yang belum
berpengalaman menggunakan metode inkuiri dan yang kedua metode inkuiri bebas
yaitu siswa melakukan penelitian seperti ilmuan dan yang terakhir adalah metode
inkuiri bebas yang dimodifikasi yaitu siswa diberi permasalahan atau topik dan
kemudian siswa disuruh memecahkan masalah tersebut.
Trianto. 2007. Model Model Pembelajaran Inovatif
Berorientasi Kontruktivistik
. Jakarta: Prestasi Pustaka.