Macam-Macam Polutan dan Dampak Pencemaran Udara

19 views

Macam-Macam Polutan Pencemaran Udara

Udara merupakan kebutuhan mutlak manusia hidup di bumi. Seluruh permukaan bumi, bahkan di dalam air pun terdapat udara yang bermanfaat bagi kehidupan makhluk di dalamnya. Udara yang ada di bumi antara lain kita kenal  adalah Oksigen, Karbon dioksida, Hidrogen, dan lain-lain. Manusia hendaknya menjaga agar udara di sekitarnya tetap bersih serta susunan gas yang terdapat di udara tetap stabil. Pencemaran udara saat ini sudah sangat memprihatinkan. Sumber pencemaran udara adalah gunung berapi,kebakaran hutan, badai berdebu, industri, transportasi dan berbagai benda lainnya yang dapat menimbulkan gas yang berbahaya bagi makhluk hidup. Polutan pencemaran udara meliputi:

  1. Karbondioksida

Sumbernya terutama berasal dari pembakaran sempurna seperti pembakaran bahan bakar fosil. Atau yang sering kita kenal dengan asap kendaraan bermotor. Gas karbon dioksida merupakan gas yang paling mudah di temukan dan menjadi penyebab utama terjadinya pencemaran udara. Hampir setiap hari, bahkan setiap waktu manusia yang hidup di kota menghirup gas karbon dioksida yang sangat berbahaya bagi kesehatannya. Karena saat ini setiap orang pergi kemanapun pasti menggunakan kendaraan bermotor.

2. Karbonmonoksida

Sumbernya adalah pembakaran tidak sempurna,seperti pembakaran sampah/sisa-sisa hasil pertanian dan perkebunan serta proses industri. Pembakaran sampah-sampah in biasa dilakukan di desa-desa oleh ibu rumah tangga dan di tempat pembuangan akhir sampah. Jika di tempat pembuangan akhir sampah, sampah baru akan dibakar juga sudah menumpuk. Bayangkan saja berapa banyak gas karbonmonoksida yang dihirup oleh manusia pada saat sampah yang terdapat di tempat pembuangan akhir sampah dibakar.

3. Belerang oksida

Sumbernya pembakaran batu arang, minyak bakar, gas dan kayu. Batu arang biasa digunakan oleh parra penjual makan makanan yang dibakar. Seperti, sate, ayam bakar, roti bakar, jagung bakar, dan lain-lain. Masyarakat di desa umumnya masih menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakarnya, sementara masyarakat kota sudah menggunakan gas untuk memasak. Namun perbedaan ini tidak ada yang lebih baik. Karan semuanya merupakan penyebab terjadinya polusi udara. Karena mengeluarkan gas belerang oksida yang membahayakan tubuh yang menghirupnya.

4. Clorofluorocarbons

Merupakan gas yang tidak berbau, tidak beracun, tidak mudah terbakar, dan tidak mudah bereaksi. Penghasil CFC adalah pendingin AC, kulkas, sprayer, gas pengembang kursi. Walaupun gas ini tidak berbau, tidak beracun, tidak mudah terbakar, dan tidak mudah bereaksi, namun gas ini sangat berbahaya. Karena gas ini dapat merupakan lapisan ozon. Lapisan ozon adalah lapisan yang melindungi bumi kita dari benda-benda luar angkasa. Sebelum benda-benda angkasa tersebut masuk ke bumi, benda-benda tersebut sudah terbakar pada lapisan ozon. Selain itu lapisan ozon juga berfungsi untuk mengatur cahaya matahari yang masuk ke bumi. Jika lapisan ozon ini sampai bocor hanya karena ulah manusia, sudah pasti akibat yang ditimbulkan jauh lebih banyak dan amat menyakitkan.

 

Dampak pencemaran udara:

  1. Pemanasan global (global warming)

Polutan seperti karbondioksida, uap air, CFC akan membentuk awan yang bersifat kaca. Panas yang berasal dari matahari sebagian akan dipantulkan kembali ke luar angkasa tetapi terhalang oleh awan tadi sehingga dipantulkan kembali ke bumi. Hal ini menyebabkan suhu bumi naik. Kenaikkan suhu ini akan menyebabkan permukaan air laut naik karena es di kutub mencair. Adanya pemanasan global juga mengakibatkan terjadinya perubahan iklim, yang mengakibatkan iklim terjadi secara tidak menentu. Berbagai penyakit juga muncul akibat masuknya sinar ultraviolet yang berlebihan.

2. Hujan asam

Hujan asam terjadi karena oksida belerang dan oksida nitrogen mengalami oksidasi menjadi asam sulfat dan asam nitrit. Sehingga ketika hujan, air tersebut bersifat asam sehingga disebut hujan asam. Hujan asam menyebabkan kerusakkan pepohonan, bangunan marmer dan melepaskan mineral tertentu dari tanah.

3. Kerusakan ozon

Gas CFC akan membentuk awan di atas lapisan stratosfer. Gas CFC akan bereaksi dengan ozon, gas Cl dari CFC akan mengikat oksigen yang dibebaskan sehingga ozon akan berlubang. Dengan berlubangnya ozon ini maka sinar ultraviolet yang masuk ke bumi semakin banyak dan tidak dapat terkendali. Akibatnya makhluk yang hidup di bumi terlalu banyak menerima sinar ultraviolet

4. Menyebabkan berbagai penyakit / gangguan kesehatan

Penyakit / gangguan kesehatan yang terjadi akibat pencemaran udara antara lain:

  • Kematian karena terlalu banyak gas karbonmonoksida (CO) yang mengakibatkan Hb lebih mudah mengikat CO dibanding oksigen sehingga lebih banyak HbCO di dalam darah.
  • Kanker kulit karena adanya lubang pada lapisan ozon. Kanker kulit merupakan penyakit yang mudah dijumpai pada daerah-daerah yang mengalami pencemaran lingkungan. Kanker kulit ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada kulit menyerupai jerawat. Kanker kulit dapat menyebabkan kematian pada seseorang.
  • Kanker retina mata karena masuknya sinar ultraviolet. Kanker retina mata biasa disebut dengan katarak. Katarak adalah penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami kebutaan pada kedua matanya. Katarak biasanya banyak di derita oleh orang lanjut usia. Katarak hanya dapat disembuhkan dengan cara operasi atau donor mata.

 

polutan udara polusi karbondioksida global warming ozon hujan asam

Related Post