Konsep Dasar Morfologi : Morfem dan Alomorf

77 views
Reading Time: 2 minutes

Pengertian Morfologi, Morfem dan Alomorf

 

Morfologi

 

Apa itu Morfologi? Apa itu Morfem? Apa itu Alomorf.? Ketiga istilah ini berkaitan satu sama lain. Kita akan membahasnya di bawah ini.

A. Pengertian Morfologi

Morfologi adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk kata (struktur kata) serta pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata terhadap makna (arti) dan kelas kata.

Sedangkan arti Morfologi menurut Wikipedia

Morfologi adalah cabang linguistik yang mengidentifikasi satuan-satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal. Morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata terhadap golongan dan arti kata. Atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta fungsi perubahan-perubahan bentuk kata itu, baik fungsi gramatik maupun fungsi semantik. (http://id.wikipedia.org/wiki/linguistik).

 

Sedangkan Konsep-konsep dasar Morfologi terbagi menjadi 2 yaitu Morfem dan Alomorf.

B. Pengertian Morfem

Morfem  adalah  satuan   bahasa   terkecil  yang  mengandung makna  yang sudah  tidak  dapat  dibagi lagi menjadi  bagian  bermakna yang lebih kecil (Zaenal Arifin, 2008:2).

Morfem ada dua macam, yaitu morfem  bebas  dan morfem  terikat.

1. Morfem bebas

Morfem bebas  adalah  morfem  yang dapat  berdiri sendiri sebagai  kata. Morfem bebas  {di}, {lari}, {lihat}, {pandang}, dan  {orang}, dapat berdiri sendiri sebagai kata.

2. Morfem Terikat

Morfem terikat adalah morfem yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai  kata. Morfem terikat baru  memiliki makna setelah  bergabung dengan morfem yang lain yang biasanya  berupa morfem   bebas. Morfem     {ber-},  {di-},   atau   {me-},  sebagai   morfem terikat,baru bermakna apabila muncul bersama morfem lainnya, seperti pada kata  berlari, dilihat, memandang.

 

C. Alomorf

Alomorf adalah  anggota  satu  morfem yang  wujudnya berbeda, tetapi mempunyai  fungsi   dan   makna   yang  sama   (Hasan   Alwi,  2003:   29).

Alomorf adalah  variasi bentuk  atau  variasi bunyi  dari sebuah morfem. Variasi  bentuk  atau   variasi  bunyi   itu   terjadikarenadipengaruhioleh bunyi-bunyi yang berada di lingkungan yang dimasukinya (Gorys Keraf,1991:  43).

Morfem {ber-}, misalnya, dalam  realisasi  pemakaiannya pada lingkungan  tertentu bisa memiliki variasi bentuk atau variasi bunyi /ber-/,/be-/, dan /bel-/. Dengan demikian, dapat  dikatakan bahwa  variasi  bunyi /ber-/, /be-/, dan /bel-/ yang dimiliki oleh morfem  {ber} tersebut hanya merupakan alomorf atau variasi bunyi.

 

Jadi hubungan ketiga istilah tersebut, didalam morfologi terdapat morfem dan alomorf. Begitu Juga sebaliknya morfem dan alomorf merupakan bagian dari morfologi linguistik (Bahasa bukan Biologi).

Bahasa

Related Post

Leave a reply