Pelaksanaan Metode Inkuiri

Posted on

a.     
Pelaksanaan
Metode In
kuiri
Langkah-langkah pelaksanaan metode inkuiri menurut Soli Abimanyu  (2009: 7-12) adalah:
1) Kegiatan Persiapan
a) Mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa (need assessment).
b) Merumuskan tujuan pembelajaran.
c) Menyiapkan problem (materi pelajaran) yang
akan dipecahkan. Problem
itu dinyatakan dalam
bentuk pernyataan atau pertanyaan. Problem tentang konsep atau prinsip yang
akan ditemukan itu perlu ditulis dengan jelas.
d) Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
2) Kegiatan Pelaksanaan
a) Kegiatan Pembukaan
(1) Melakukan apersepsi,

yaitu mengajukan
pertanyaan mengenai materi pelajaran yang telah diajarkan.

(2) Memotivasi siswa dengan cerita pendek
yang ada kaitannya dengan materi yang diajarkan.
(3) Mengemukakan tujuan pembelajaran dan
kegiatan/tugas yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran itu.
b) Kegiatan Inti
(1)   Mengemukakan problema yang akan dicari jawabannya
melalui kegiatan penemuan.
(2)   Diskusi pengarahan tentang cara pelaksanaan
penemuan/pemecahan problema yang telah ditetapkan.
(3)   Pelaksanaan penemuan berupa kegiatan penyelidikan
untuk menemukan konsep atau prinsip yang telah ditetapkan.
(4)   Membantu siswa dengan informasi atau data, jika
diperlukan siswa.
(5)   Membantu siswa melakukan analisis data hasil temuan,
jika diperlukan.
(6)   Merangsang terjadinya interaksi antar siswa dengan
siswa.
(7)   Memuji siswa yang giat dalam melaksanakan penemuan.
(8)   Memberi kesempatan siswa melaporkan hasil
penemuannya.
c) Kegiatan Penutup
(1)  Meminta siswa membuat rangkuman hasil-hasil
penemuannya.
(2)  Melakukan evaluasi hasil dan proses penemuan.
(3) Melakukan tindak lanjut, yaitu meminta
siswa melakukan penemuan ulang jika ia belum menguasai materi, dan meminta
siswa mengerjakan tugas pengayaan bagi siswa yang telah melakukan penemuan
dengan baik
(Soli Abimanyu, 2009: 7-12).
Berdasarkan
Pendapat di atas maka pelaksanaan metode inkuiri dapat dibagi menjadi beberapa
langkah yaitu kegiatan persiapan, kegiatan pelaksanaan. Dalam kegiatan
pelaksanaan dapat dikategorikan menjadi beberapa kegiatan yaitu kegiatan
pembukaan, kegiatan inti dan penutup.

Soli Abimanyu. 2009. Model-model pembelajaran. IKIP Malang