Pengertian belajar dan Pembelajaran

143 views

1)     
Pengertian Belajar

Soemarsono (2007: 1) “Proses
belajar adalah proses yang dialami secara langsung dan aktif oleh siswa pada saat

mengikuti suatu kegiatan belajar mengajar yang direncanakan dan disajikan
sekolah baik yang terjadi di kelas maupun di luar kelas”. Sedangkan Menurut Syaiful
Bahri Djamarah dan Aswan Zain (1996: 11) “Belajar adalah proses perubahan
perilaku pengalaman dan latihan”.
 Dimyati dan Mudjiono
(2006:
7) berpandangan bahwa “Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa
yang kompleks, kegiatan yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia dan
dilakukan oleh setiap orang. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh
siswa sendiri”. Dalam pengertian lain
Aisyah (2007: 9-18)
memandang
Belajar
adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang”.

Cicih Sunarsih (2007: 3) berpendapat “Belajar menurut konsepsi modern adalah
proses perubahan tingkah laku dalam arti seluas-luasnya, meliputi: pengamatan, pengenalan,
pengertian, pengetahuan, keterampilan, perasaan, minat penghargaan sikap
”. Menurut
Gagne dalam Djauhar Siddiq, Isniatun Munawaroh, dan Sungkono (2008: 1-4)  “Belajar adalah suatu proses di mana suatu
organisme berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman”.
Dari berbagai
pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses perubahan
tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan
secara langsung dan aktif,
bahwa belajar merupakan suatu aktivitas yang kompleks berdasarkan pada
pengalaman untuk mengubah tingkah laku suatu organisme yang berlangsung secara
progresif.

2)     
Pengertian Pembelajaran

Menurut Gagne sebagaimana dikutip St. Y Slamet (2008: 19) mengemukakan bahwa “Pembelajaran
adalah suatu usaha untuk membuat siswa belajar sehingga situasi tersebut
merupakan peristiwa belajar yaitu usaha untuk terjadinya tingkah laku dari
siswa”.
Perubahan tingkah
laku itu dapat terjadi karena adanya interaksi antara siswa dan lingkungannya
.
Di dalam UU
Sisdiknas No 20 Tahun 2003 Pasal 1 memberikan pengertian
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan
sumber belajar pada suatu lingkungan belajar
. Sedangkan menurut
Gagne dan Briggs dalam Aisyah dkk (2007:
1-3) Pembelajaran adalah upaya orang yang tujuannya membantu orang belajar.
Secara
terperinci Eggen & Kauchak dalam (http://blog.
persimpangan. com/ blog/ 2007/ 08/ 06/ pengertian-pembelajaran/
) menjelaskan bahwa ada enam ciri pembelajaran yang efektif, yaitu: a) Siswa menjadi pengkaji yang aktif terhadap lingkungannya melalui
mengobservasi, membandingkan, menemukan kesamaan-kesamaan dan
perbedaan-perbedaan serta membentuk konsep generalisasi berdasarkan
kesamaan-kesamaan yang ditemukan
;     b) Guru menyediakan materi sebagai fokus berfikir dan berinteraksi dalam
pelajaran
; c) Aktivitas-aktivitas siswa sepenuhnya didasarkan
pengkajian
; d) Guru secara aktif 
terlibat dalam pemberian arahan dan tuntunan kepada siswa dalam
menganalisis inforamsi
; e) Orientasi pembelajaran penguasaan isi
pelajaran dan pengembangan keterampilan berpikir, serta
; f) Guru menggunakan teknik mengajar yang bervariasi sesuai dengan tujuan dan
gaya mengajar guru.
Berdasarkan
definisi-definisi pembelajaran yang diuraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran adalah proses mengatur lingkungan agar terjadi  interaksi aktif antara guru dan siswa, dengan
mengoptimalkan faktor internal maupun eksternal yang datang dari lingkungan
individu.

Daftar Pustaka
Cicih Sunarsih. 2007. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar di SD. Bandung:Dirjen Pningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan P4TK TK dan PLB.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta bekerjasama dengan Depdikbud.

Djauhar Siddiq dkk. 2008.Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.

Eggen & Kauchak. 2007. Pengertian Pembelajaran. Diakses dari (http://blog. persimpangan. com/ blog/ 2007/ 08/ 06/ pengertian-pembelajaran/): Pada 14 Mei 2011. 

Nyimas Aisyah, dkk. 2007. Pengembangan
Pembelajaran Matematika SD.
 Dirjen
Dikti Departemen Pendidikan Nasional

Soemarsono. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS Press

St.Y Slamet. 2008. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah DasarSurakarta: UNS Press.St.Y Slamet. 2008. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah DasarSurakarta: UNS Press.
Syaiful Bahri Djamarah
dan Aswan Zain. 1996.Strategi Belajar
Mengajar. 
Jakarta: Rineka Cipta.

UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 Pasal 1. 

Kajian Pustaka

Related Post