Pengertian Belajar Menurut Hamalik, Winkel, Slameto, dsb Serta Kesimpulannya

125 views

Pengertian Belajar Menurut Hamalik, Winkel, Slameto, dsb Serta Kesimpulannya

A. Menurut Hamalik

Hamalik (1993: 27) berpendapat bahwa belajar merupakan suatu proses perubahan
tingkah laku berkat pelatihan dan pengalaman. Belajar merupakan suatu proses dan bukan semata-mata hasil yang hendak dicapai. Proses itu sendiri berlangsung melalui serangkaian pengalaman sehingga terjadi modifikasi tingkah laku seseorang atau terjadi penguatan pada tingkah laku yang dimil
iki sebelumnya.

B. Menurut Winkel

Sedangkan menurut Winkel (2005: 59), belajar merupakan suatu aktivitas mental / psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan sejumlah
perubahan dalam pengetahuan-pemahaman, keterampilan dan nilai-sikap.
Perubahan itu meliputi hal-hal yang bersifat internal seperti pemahaman dan sikap, serta mencakup hal-hal yang bersifat eksternal seperti keterampilan motorik  dan berbicara dalam bahasa asing.

C. Menurut Slameto

Slameto (2003: 2) berpendapat bahwa belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

D. Menurut Sudjana

Menurut Sudjana (2000: 28), belajar bukan menghafal dan bukan pula mengingat. Belajar
adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti berubah pengetahuannya, pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya, keterampilannya, kecakapan dan kemampuannya, daya reaksinya, daya penerimaannya dan lain-lain aspek yang ada pada individu.
Belajar adalah proses yang diarahkan kepada tujuan, proses berbuat melalui berbagai pengalaman.

E. Menurut Cronbach

Cronbach dalam Syaiful Bahri Djamarah (2002:13) berpendapat bahwa learning is shown by change in behaviour as a result of experience. Belajar sebagai suatu aktivitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.

F. Menurut Howard L. Kingsley

Howard L.Kingsley mengatakan bahwa learning is the process by wich behavior (in the broader sense) is originated or changed through practice or training. Belajar adalah proses dimana tingkah laku  ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan. Sedangkan Geoch mengatakan bahwa learning is change performance as a result of practice. Belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil dari sebuah latihan.

G. Menurut Skinner

Menurut Skinner di dalam Dimyati dan Mudjiono (2002: 9), belajar adalah proses interaksi antara suatu perilaku. Pada saat orang belajar, maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar maka responnya menurun.

H. Kesimpulan Pengertian Belajar

Dari beberapa pendapat tentang pengertian belajar dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku, pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai-sikap yang tidak disebabkan oleh pembawaan, kematangan, dan keadaan–keadaan sesaat seseorang, namun terjadi sebagai hasil latihan dalam interaksi dengan lingkungan.

Kajian Pustaka Belajar

Related Post