Faktor- faktor Dominan dalam Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran

Posted on

Faktor- faktor Dominan dalam Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran

Peningkatan mutu pembelajaran di sekolah seperti yang disarankan oleh Sudarwan Danim (2007:56), yaitu dengan melibatkan lima faktor yang dominan, seperti :

  1. Kepemimpinan kepala sekolah, kepala sekolah harus memiliki dan memahami visi kerja secara jelas, mampu dan mau bekerja keras, mempunyai dorongan kerja yang tinggi, tekun dan tabah dalam bekerja, memberikan leyanan yang optimal dan disiplin kerja yang kuat.
  2. Siswa, pendekatan yang harus dilakukan adalah “Anak sebagai pusat” sehingga kompotensi dan kemampuan siswa dapat digali sehingga sekolah dapat menginventarisir kekuatan yang ada pada siswa.
  3. Guru, pelatihan guru secara mksimal dengan meningkatkan kompotensi dan profesi kerja guru dalam kegiatan seminar, loka karya serta pelatihan sehingga hail dari kegiatan tersebut diterapkan di sekolah.
  4. Kurikulum, adanya kurikulum yang tepat tetapi dinamis, dapat memungkinkan dan memudahkan standar mutu yang diharapkan sehingga “goals” (tujuan) bapat dicapai secara maksimal.
  5. Jaringan kerja sama, jaringan kerja sama tidak hanya terbatas pada lingkungan sekolah dan masyarakat semata tetapi dengan organisasi lain, seperti perusahaan/instansisehingga output dari sekolah dapat terserap dalam dunia kerja.