Contoh Proposal Bisnis Kewirausahaan Kuliner ( Tugas Kewirausahaan SMK)

Posted on

PROPOSAL BISNIS KEWIRAUSAHAAN “BOLA UBI LUMER” 

 

BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Setelah memperhatikan semakin meningkatnya jumlah pengangguran dan kurangnya pengetahuan di masyarakat untuk memanfaatkan peluang bisni, di karenakan kurangnya pengetahuan akan pemanfaatan sumberdaya yang ada dan menyebabkan semakin meningkatnya krisis ekonomi di masyarakat, di karenakan kurangnya pemikiran yang luas untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru, yang dapat membantu meningkatkan perekonomian bagi keluarga dan masyarakat.
Berwirausaha merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjadikan jalan keluar dari permasalahan tersebut, banyak cara yang dilakukan dalam berwirausaha, misalnya mengolah barang mentah menjadi produk ataupun barang setengah jadi menjadi suatu produk yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi sehingga dapat dinikmati para konsumen.
Oleh karena itu penulis menciptakan suatu hasil atau produk yang memiliki nilai jual, penulis membuat kue “BOLA UBI LUMER” kue ini berbahan dasar ubi yang sangat mudah di dapatkan, akan tetapi masyarakat kurang akan pengolahannya, sehingga tida menyadari bahwa ubi ini jika di olah menjadi kue yang menarik dapat memiliki harga jual yang cukup tinggi.
 

1.2  Visi

Menjadikan makanan tradisional menjadi yang utama
 

1.3  Misi

  1. Selalu berinovasi dengan produk tradisonal
  2. Meningkatkan kualitas makanan tradisional
  3. Mengutamakan kualitas dalam pelayanan sehingga konsumen puas

 

1.4  Tujuan kegiatan usaha

Tujuan penulis memilih jenis usaha ini yaitu :

  1. Mendapatkan keuntungan.
  2. Menarik minat konsumen untuk merasakan produk yang penulis buat, agar mencapai target penjualan.
  3. Dapat membuka lapangan pekerjaan baru.
  4. Membantu mempertahankan makanan tradisional agar tidak hilang.

 

1.5  Maksud kegiatan usaha

Dari hal membuka usaha ini penulis bermaksud ingin menyalurkan ilmu yang penulis miliki yaitu kemampuan di bidang kuliner,  di dunia usaha bentuk dari pengalaman dan menambah wawasan atas ilmu yang telah penulis ketahuai dan ingin berinovasi dengan makanan tradisional sehingga makanan tradisional tida akan kalah dalam kualitas dengan makanan makanan di jaman yang modern ini, penulis akan berenovasi dengan mengembangkan kembali kue tradisional yaitu ubi menjadi lebih menarik dan lebih berkualitas.
Penulis akan membuat “BOLA UBI LUMER” yaitu bola bola ubi coklat .
 

BAB II PEMBAHASAN

Profil Usaha
Nama Usaha                : Bola Ubi Lumer
Nama                             : Marketing Mix

2.1 Profil Produk

Bola ubi lumer adalah kegiatan usaha penulis, karena bahan bakunya adalah ubi, ubi biasanya di kenal dengan makanan pedesaan, namun kini penulis ingin mengembangkan kembali dengan cara mengolah ubi ini menjadi makanan yang menarik, sehingga ubi dapat di kenal luas oleh masyarakat, cara penulis memperkenalkan ubi ini secara luas yaitu dengan cara membuat hasil olahan dari ubi yang semenarik mungkin tanpa mengurangi isi nutrisi yang terkandung di dalamnya.
Ubi banyak sekali mengandung nutrisi penting bagi kesehatan, kandungan yang termasuk dalam ubi yaitu : vitamin A, C, E, betakeroten, magnesium, kalium dan kaya oksige, sehingga makanan ini dapat di konsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak anak hingga orang lanjut usia.
 

2.2 Strategi pasar

Agar rencana mendirikan usaha ini berjalan dengan lancar, upaya yang dilakukan dalam melakukan strategi pasar antara lain :
 

2.3 Analisis SWOT Sebagai kelayakan Usaha

Yaitu sebagai acuan untuk menghadapi persaingan dalam bidang usaha.Setiap kegiatan untuk memulai usaha penulis harus mengukur kemampuan penulis terhadap lingkungan atau pesaing melalui SWOT.

2.3.1 Kekuatan ( Strength )

Rasa percaya bahwa produk ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat luas, karena produk yang penulis buat ini mempunyai kualitas yang cukup tinggi karena bahan dasarnyaa menggunakan ubi yang banyak mengandung nutrisi juga pembuatan yang higienis.

2.3.2 Kelemahan ( Weakness )

  1. Produk tidak tahan lama.
  2. Produk mudah di tiru.
  3. Harga bahan baku tidak stabil.

2.3.3 Peluang ( Oportunity )

Produk ini memang sudah ada di kalangan masyarakat akan tetapi usaha bola ubi lumer ini berbeda dengan ubi yang biasa, bola ubi lumer ini produk hasil modifikasi yang sedemikian sehingga menjadi produk baru serta menarik yang dapat bersaing dengan makanan-makanan modern, ubi di jaman sekarang sudah  jarang sekali yang memproduksi, sehingga penulis mempunyai peluang yang cukup baik, dalam pemasaran, apalagi ubi ini merupakan varian baru yang dapat menarik minat konsumen unuk merasakan sensasi baru dari ubi ini.

2.3.4 Ancaman ( Treath )

Ancaman yang dapat timbul dari usaha Bola Ubi Lumer ini antara lain :

  1. Persaingan tidak sehat.
  2. Bahan baku yang tidak stabil.
  3. Adanya produk serupa dengan kualitas baik dan harga murah sehingga menjatuhkan produk penulis.

 

  1. Rencana Usaha

Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:

  1. Rencana Jangka Pendek

Usaha bisnis kue bola ubi lumer ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.

  1. Rencana Jangka Menengah

Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya.

  1. Rencana Jangka Panjang

Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula untuk membangun jaringan dengan cara franchise agar kami dapat dengan mudah untuk mengembangkan usaha ini .
 

  1. Analisis Pasar dan Pemasaran

Analisis Pasar dan Pemasaran usaha bola ubi lumer yaitu:

  1. Target Pasar

Usaha ini berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama, seperti pusat kota dan tempat keramaian lainnya. Tempat-tempat lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.

  1. Pesaing

Belum banyak orang berpikir untuk membuat bola ubi lumer dengan berbagai macam isi dan penampilan yang menarik sehingga dapat dikatakan pesaing belum banyak, akan tetapi itu tidak membuat lengah justru di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita.

  1. Sasaran Pembeli

Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembelinya yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas.Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan.Harga yang kami berikan yaitu Rp. 5000.
 

  1. Strategi Pemasaran

Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:

  1. Dari mulut ke mulut

Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli bola ubi lumer di tempat kita.

  1. Dengan media sosial

Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial, seperti melalui facebook, twitter, instagram, bbm, blog,dll.

  1. Pengembangan Pasar

Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha bola ubi lumer ini ke daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.

  1. Pengembangan Produk

Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Kami juga menerima pemesanan pada acara-acara arisan, ulang tahun, dan juga acara resmi lainnya.
 

BAB III MANAGEMEN PRODUKSI

3.1 Proses Produksi

Kegiatan yang penulis lakukan dalam kegiatan produksi yaitu :

  1. Mengembangkan ide pembuatan produk dengan membaca kebutuhan konsumen terhadap sebuah produk yang sedang populer yaitu kuliner.
  2. Melalui bagian produksi, penulis mulai mentukan bahan baku penunjang selain bahan baku utama dalam hal ini, penulis melakukan survei ke pasar guna mendapatkan harga yang lebih kompetitif dasar pasar.
  3. Proses produksi, proses produksi dilakukan dengan rangkaian kegiatan yang mengedepankan kan azas higienis guna terciptanya kepercayaan terhapat konsumen akan produk yang penulis pasarkan.
  4. Menyusun laporan keuangan, tahapan ini di lakukan untuk membuat sistem managemen yang baik dalam kegiatan usaha. Penulis percaya, jika penanganankeungan tersusun dengan baik maka semua kegiatan produksi akan berjalan lancar dan maksimal.

            

3.2 Bahan Baku

Dalam proses produksi penulis menggunakan bahan baku rincian sebagai
berikut :

Nama Bahan Banyaknya Harga Satuan Harga total
1. Ubi 1 kg Rp. 5.000 Rp. 5.000
2. Tepung tapioka ½ kg Rp. 4.000 Rp. 4.000
3. Coklat 2 pcs Rp. 5.000 Rp.10.000
4. Tepung panir ¼ kg Rp. 3.500 Rp. 3.500
Total Rp. 22.500

 

3.3 Peralatan Dan Perlengkapan

3.1 Peralatan

No Nama Barang Banyaknya
1. Dulang 1
2. Gelas ukur 1
3. Baskom 1
4. Pisau 1
5. Panci 1
6. Wajan 1

 

BAB V PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Penulis menciptakan produk ini atas survey yang penulis lakukan unuk mencari peluang bisnis yang baik dan bermanfaat (yang di butuh kan) oleh masyarakat, penulis sangat mengharapkan produk yang penulis buat dapat diterima dan dapat disenangi oleh para konsumen dan tertanam dibenak masyarakat luas .

5.2 Saran

Penulis menyadari bahwa proposal ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaan prososal ini.
Demikian proposal ini, semoga kegiatan usaha penulis ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan penulis berharap dalam mengembangkan kreatifitas dapat bermanfaat bagi penulis dan masyarakat.