Pembahasan Seri Belajar P3K : Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya

Posted on

Salam Belajar  Bapak Ibu Guru Calon P3K.., dalam seri belajar berikutnya mengenai Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya.
Pada tahap ini bapak ibu guru diharapkan dapat menguasai materi Metode Ilmiah, Tahap-Tahap Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya dan Metode Ilmiah, Tahap-Tahap Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya, dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.
Akan kami bagikan kembali mengenai hal tersebut, silahkan bapak ibu simak di bawah ini :

Soal Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya

Berikut bahasan soal dan kunci jawabannya:

Soal no. 1

Pada gerak semu matahari seakan-akan matahari bergerak dari timur ke barat. Hal menyebabkannya adalah …

  1. Bumi berotasi dari barat ke timur
  2. Bumi berputar mengelilingi matahari
  3. Periode rotasi bumi lebih singkat
  4. Gerak matahari lebih cepat
  5. Bumi berputar pada porosnya

Jawaban adalah c. Bumi berputar mengelilingi matahari
Soal no. 2

Perhatikan perubahan materi dalam kehidupan sehari-hari berikut: (1) es mencair, (2) lilin menyala, (3) iodium menyublim , (4) besi berkarat, (5) fermentasi karbohidrat, Perubahan kimia ditunjukkan oleh nomor…

  1. (1), (2), dan (4)
  2. (1), (4), dan (5)
  3. (2), (4), dan (5)
  4. (2), (3), dan (4)
  5. (1), (3), dan (5)

Jawaban adalah c. (2), (4), dan (5)

 

Riviu Pembelajaran 1 Metode Ilmiah, Materi dan Perubahannya

Kemudian Bapak Ibu setelah mempelajari materi tersebut pada akhir sesi pembelajaran akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai reviu pembelajaran yang sudah Anda lakukan.
Soal no. 1

Daun mengandung zat-zat komplek. Zat-zat tersebut dapat dipisahkan dan diidentifikasi dengan cara kromatografi. Cara pemisahan ini didasarkan pada …

  1. Perbedaan kandungan zat dalam daun yang diserap medium
  2. Daya serap medium terhadap zatzat yang terkandung dalam daun
  3. Tidak ada yang tepat
  4. Perbedaan kecepatan merambat partikel zat yang terkandung dalam daun pada medium
  5. Perbedaan masa jenisnya kandungan zat dalam daun yang dapat diserap medium
Menarik Lainnya  Pembahasan Seri Belajar P3K : Pedagogik

Jawaban adalah d. Perbedaan kecepatan merambat partikel zat yang terkandung dalam daun pada medium

 

Soal no. 2

Perhatikan sifat-sifat materi berikut.
1. terbentuk dari dua zat atau lebih yang masih mempunyai sifat-sifat zat asal.
2. dapat diuraikan menjadi bagian lain yang lebih sederhana.
3. terbentuk dari dua zat atau lebih dengan perbandingan massa tetap
4. komponen-komponen penyusunnya dapat dipisahkan kembali secara fisis.
5. dapat direaksikan dengan air.
Sifat senyawa ditunjukkan oleh nomor …

  1. (4) dan (5)
  2. (2) dan (3)
  3. (1) dan (2)
  4. (3) dan (4)
  5. (1) dan (3)

Jawaban adalah b. (2) dan (3)

 
Soal no. 3

Sari mengamati bahwa air di lingkungan tempat tinggalnya keruh dan berbau. Ia menduga air tersebut telah tercemar sehingga tidak layak dikonsumsi. Untuk menguatkan dugaan tersebut, sebaiknya yang harus dilakukan Sari adalah …

  1. mengolah data
  2. merumuskan hipotesis
  3. Tidak ada yang tepat
  4. melakukan eksperimen
  5. menyusun kerangka teori

Jawaban adalah d. melakukan eksperimen

Soal no. 4

Perhatikan data berikut ! 1) Udara, 2) Air cuka, 3) Air aki, 4) Air gula, 5) Air garam. Di antara data tersebut yang termasuk contoh senyawa adalah …

  1. 4 dan 5
  2. 1 dan 2
  3. 3 dan 4
  4. 2 dan 3
  5. 2 dan 4

Jawaban adalah d. 2 dan 3
 

Soal no. 5

Segelas susu dibiarkan diatas meja, keesokan harinya telah menjadi masam. Masamnya susu tersebut termasuk sifat…

  1. Fisika karena berubah rasa dan bau
  2. Fisika karena berubah bau dan bentuk
  3. Kimia karena tidak ada perubahan rasa
  4. Kimia karena berubah ukuran
  5. Kimia karena terbentuk zat baru yang rasanya masam
Menarik Lainnya  Pembahasan Seri Belajar P3K : Pancasila dan UUD 1945

Jawaban adalah a. Fisika karena berubah rasa dan bau
 

Soal no. 6

Shinta akan melakukan percobaan menentukan massa zat air. Bahan dan alat yang disiapkan berupa minyak goreng, spirtus, gelas ukur, neraca, Hipotesis yang diajukan Shinta ketika mengukur massa jenis minyak goreng, dengan mengubah-ubah volumnya adalah …

  1. Massa jenis minyak goreng tidak tergantung pada massanya
  2. Seberapapun besar volume minyak goreng, massa jenisnya sama besar
  3. Semakin besar volume minyak goreng, massa jenisnya semakin besar
  4. Semakin kecil volume spirtus, tidak berpengaruh pada massa jenisnya
  5. Semakin besar volume minya goreng, massa jenisnya semakin kecil

Jawaban adalah b. Seberapapun besar volume minyak goreng, massa jenisnya sama besar

 

Soal no. 7

Pada saat sedang berjalan-jalan di hutan, Adi mengamati sebuah fenomena yang menarik yaitu adanya daun yang berbeda warna walaupun jenis tanaman sama. Daun yang ternaungi pohon rimbun berwarna hijau kekuningan, sedangkan yang tumbuh di tempat terbuka hijau segar. Rumusan masalah yang dapat diajukan berdasarkan fenomena tersebut adalah …

  1. Apakah intensitas cahaya berpengaruh pada pembentukan zat hijau daun?
  2. Apakah tidak ada yang berpengaruh Pada warna daun?
  3. Apakah terdapat kompetisi antara tumbuhan penaung dan tumbuhan ternaungi?
  4. Apakah ada hubungan antara tumbuhan penaung dan tumbuhan yang ternaungi?
  5. Apakah tumbuhan penaung mengeluarkan zat berwarna kekuningan yang dapat mempengaruhi warna daun tumbuhan yang ternaungi?

Jawaban adalah a. Apakah intensitas cahaya berpengaruh pada pembentukan zat hijau daun?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *