Pembahasan Seri Belajar P3K : Pancasila dan UUD 1945

Posted on

Salam Belajar Bapak Ibu Guru sekalian, kembali lagi di pembahasan seri belajar P3K kali ini materinya tentang  Pancasila dan UUD 1945.

Bapak ibu guru dalam tahap ini supaya lebih memahami tentang pancasila sebagai falsafah negara. Karena hal ini menjadi dasar nilai norma untuk mengatur pemerintahan atau penyelenggaraan negara. Konsekuensinya, seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan negara, terutama segala peraturan perundangan termasuk proses reformasi, dijabarkan dalam nilai Pancasila.

Kemudian juga tentang kedudukan Pancasila itu sendiri yang menjadi sumber hukum segala aturan di Indonesia. Kedudukan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia tidak terlepas dari kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara bangsa Indonesia. Keberadaan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia merupakan suatu realitas yang tidak bisa bantah sebagai suatu bentuk perjalanan sejarah perjuangan bangsa Indonesia sejak masyarakat Indonesia ada, mulai memproklamirkan kemerdekaannya, hingga saat sekarang ini dalam menuju terwujudnya masyarakat yang dicita-citakan

Lalu juga UUD Negara RI Tahun 1945 yang tidak bisa terpisah dari sistem nilai pancasila yang terkandung di dalamnya. Bahkan, di samping UUD 1945 dalam pengertian konstitusi tertulis, ada pula konstitusi dalam arti yang tidak tertulis dalam naskah UUD 1945, yaitu nilai-nilai yang tumbuh dalam kenyataan hidup bangsa, tercakup juga ke dalam pengertian konstitusi dalam pengertian luas. Oleh karena itu, dapat dikembangkan pengertian bahwa pancasila tidak dapat lagi dipisahkan dari UUD 1945 dan sistem ketatanegaraan Indonesia.


 
Bapak ibu mari disimak mengenai  seri belajar Pancasila dan UUD 1945 ini :

Soal Pancasila dan UUD 1945

Berikut bahasan soal dan kunci jawabannya:
Soal no. 1

Faham Ideologi yang menyatakan sudah mempunyai seluruh jawaban terhadap kehidupan ini, sehingga yang perlu dilaksanakan oleh hanyalah melaksanakan segala sesuatu secara dogmatik.
Pernyataan di atas merupakan pengertian dari ….

  1. ideologi Pancasila
  2. ideologi terpimpin
  3. ideologi tertutup
  4. ideologi bangsa
  5. ideologi terbuka
Menarik Lainnya  Pembahasan Seri Belajar P3K : Geometri, Bangun Ruang

Jawaban adalah c. ideologi tertutup
 

Soal no. 2

Pancasila sebagai dasar negara mempunyai makna ….

  1. sebagai way of life
  2. sebagai etika
  3. sebagai pedoman bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari
  4. sebagai dasar dalam menyelenggarakan pemerintahan negara
  5. sebagai pedoman dalam penyusunan perundang-undangan
Jawaban adalah d. sebagai dasar dalam menyelenggarakan pemerintahan negara

 
 
 
 

Reviu Pembelajaran 2 PPKN : Pancasila dan UUD 1945
Setelah mempelajari hal tersebut di atas,  bapak ibu guru akan di minta untuk menjawab pertanyaan sebagai reviu pembelajaran kali ini dengan materi Pancasila dan UUD 1945.
Berikut ini soal dan kunci jawaban meteri bilangan pecahan di reviu pembelajaran 2 PPKn yang dapat kami sampaikan.

Soal no. 1

Nilai-nilai yang diambil dari semangat perjuangan bangsa Indonesia sejak dulu dalam melahirkan 4 konsensus Indonesia merupakan tugas PPKn dalam menerapkan metode …

  1. Value Culture
  2. Value of Constitution
  3. Value of Pancasila
  4. Value Normatif
  5. Value Inculcation

Jawaban adalah e. Value Inculcation
Soal no. 2

Sumber multikulturalisme Ke-Bhinekaan Tunggal Ika bangsa Indonesia terletak pada …
a. Nilai-nilai Pancasila
b. Nilai-nilai kebangsaan
c. Etnosentrisme
d. Nilai-nilai adat istiadat
e. Nilai-nilai budaya

Jawaban adalah e. Nilai-nilai budaya
Soal no. 3

Muatan materi PPKn yang bersumber dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI merupakan bentuk dari konstelasi …

  1. Psiko-Sosial Muatan PPKn
  2. Psiko-Materials Muatan PPKn
  3. Psiko-Politics Muatan PPKn
  4. Psiko-Pedagogis Muatan PPKn
  5. Psiko-Cultures Muatan PPKn

Jawaban adalah a. Psiko-Sosial Muatan PPKn
 

Soal no. 4

Pada dasarnya upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM sering mengalami kendala dalam pelaksanaannya. Hal tersebut disebabkan karena penegakan HAM masih bersifat parsial atau berdiri sendiri. Untuk itu, dibutuhkan peran serta segenap komponen bangsa, yaitu masyarakat dan pemerintah. Berkaitan dengan hal tersebut, bagaimana hubungan peran pemerintah dan masyarakat dalam upaya pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM?
a. Masyarakat bisa lebih berperan aktif dengan melakukan tindakan tegas dan keras kepada semua lembaga atau organisasi yang tidak mendukung kebijakan pemerintah dalam proses pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM.
b. Pemerintah dapat menjadikan laporan masyarakat mengenai terjadinya pelanggaran HAM sebagai dasar untuk bertindak tegas dengan menggunakan kekerasan dalam rangka menjamin terwujudnya penghormatan dan penegakkan HAM.
c. Pemerintah bertindak sebagai regulator atau pembuat kebijakan penegakkan HAM, sementara itu masyarakat mendukung dengan tetap bersikap kritis kebijakan pemerintah tersebut dalam proses penegakkan HAM
d. Pemerintah dapat memaksa masyarakat untuk patuh terhadap semua kebijakan dalam proses pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM, serta memberikan sanksi kepada siapa saja yang mengkritisi kebijakan tersebut.
e. Pemerintah dan masyarakat berperan sesuai dengan kehendaknya dalam mewujudkan pengakuan, penghormatan dan penegakkan hak asasi manusia, karena keduanya memiliki peran yang berbeda serta tidak saling berkaitan satu sama lain.
Jawaban adalah c. Kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang utuh dan kohesif secara nasional dan harmonis dalam pergaulan antarbangsa.
 
Menarik Lainnya  Pembahasan Seri Belajar P3K : Pecahan, Persen, Perbandingan dan Skala
Soal no. 5

Keberadaan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Bagi warganegara, tentu harus berperan aktif untuk turut memberikan pengaruh dalam segala kebijakan pemerintah. Hal ini merupakan fungsi dari …

  1. Multikulturalism
  2. Nasionalism
  3. Patriotisme
  4. Civil Society
  5. Demokratisasi

Jawaban adalah d. Civil Society

Soal no. 6

Upaya menanamkan semangat dan komitmen sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang melahirkan 4 konsensus fundamental bagi bangsa Indonesia merupakan usaha untuk mengembangkan …

  1. Civic responsibility
  2. Cultural Unity
  3. Civic awareness
  4. Civic Culture
  5. Civic Virtue

Jawaban adalah b. Cultural Unity
Soal no. 7

Muatan PPKn yang bersumber dari norma-norma Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, merupakan ciri dari …

  1. Substantif-historis PPKn
  2. Politic-Culture PPKn
  3. Substantif-pedagogik PPKn
  4. Substantif-filosofis PPKn
  5. Socio-culture PPKn

Jawaban adalah c. Substantif-pedagogik PPKn

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *