Pembahasan Seri Belajar P3K : Pecahan, Persen, Perbandingan dan Skala

Salam Belajar Bapak Ibu Guru Calon P3K, untuk seri belajar P3K jenjang SD kali ini materinya tentang pecahan, persen, perbandingan dan skala

.

Pada sesi ini bapak ibu guru diharapkan dapat menguasai materi bilangan pecahan, operasi hitung pada bilangan pecahan, bentuk desimal dan persen serta perbandingan dan skala dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan

Mari kita simak mengenai  seri belajar pecahan, persen, perbandingan dan skala, silahkan bapak ibu simak di bawah ini :

 

Soal pecahan, persen, perbandingan dan skala

Berikut bahasan soal dan kunci jawabannya:

Soal no. 1

Ibu Endang akan mengajarkan materi bilangan pecahan senilai (1/2 = 2/4)pada siswanya. Langkah pembelajaran yang dilakukan Ibu Endang adalah sebagai berikut:

1 Menyiapkan kertas.Membagi kertas pertama menjadi 2 bagian yang sama dan salah satu bagiannya diarsir.

2 Siswa menentukan nilai pecahan kertas yang diarsir.Melipat 2 lagi kertas tersebut.

3 Siswa menentukan nilai pecahan yang baru dari kertas yang diarsir.

4 Meminta siswa untuk menunjukkan besar daerah yang diarsir apakah besarnya tetap sama.

5 Meminta siswa untuk menuliskan nilai pecahannya.

6 Menyimpulkan bahwa daerah yang diarsir tetap, tetapi pecahannya berbeda, namun memiliki nilai yang sama.

Pembelajaran yang dilakukan Ibu Endang adalah pembelajaran dengan pendekatan …

  1. behavioristik
  2. dualisme
  3. konstruktivisme
  4. rasionalisme
  5. naturalistik

Jawaban adalah c. konstruktivisme

 

Soal no. 2

ibu memiliki setengah loyang kue. Kue tersebut dibagi secara rata untuk ayah, ibu, kakak, dan adik. Ibu hanya memakan 1/3 dari kue bagiannya dan sisa kue ibu diberikan kepada adik. Bagian kue yang diterima adik seluruhnya adalah ….

  1. 1/6
  2. 1/8
  3. 1/3
  4. 5/24
  5. 1/123

Jawaban adalah d.5/24

 

 

Reviu Pembelajaran 2  Pecahan, Persen, Perbandingan dan Skala

Setelah bapak ibu guru sekalian melewati materi diatas, maka pada sesi akhir bapak ibu sekalian akan melaksanakan reviu pembelajaran dengan menjawab beberapa pertanyaan.

Berikut ini soal dan kunci jawaban meteri bilangan pecahan di reviu pemebelajaran 2 yang dapat kami sampaikan.

Soal no. 1

Ibu Endang akan mengajarkan materi bilangan pecahan senilai (1/2=2/4) pada peserta didiknya. Adapun langkah pembelajaran yang dilakukan Ibu Endang:

Menyiapkan kertas. Membagi kertas pertama menjadi 2 bagian yang sama dan salah satu bagiannya diarsir. Peserta didik menentukan nilai pecahan kertas yang diarsir. Melipat 2 lagi kertas tersebut. Peserta didik menentukan nilai pecahan yang baru dari kertas yang diarsir. Meminta peserta didik untuk menunjukkan besar daerah yang diarsir apakah besarnya tetap sama. Meminta peserta didik untuk menuliskan nilai pecahannya. Menyimpulkan bahwa daerah yang diarsir tetap, tetapi pecahannya berbeda, namun memiliki nilai yang sama.

Pembelajaran yang dilakukan Ibu Endang adalah pembelajaran dengan pendekatan …

  1. Dualism
  2. Rasionalisme
  3. Naturalistic
  4. Konstruktivisme
  5. Behavioristic

Jawaban adalah d. Konstruktivisme

Soal no. 2

Ibu memiliki sepertiga bagian kue. Kue tersebut dibagi secara adil untuk Evan, Rizki, dan Ikmal. Evan hanya memakan 1/2 dari bagian kuenya. Sisa kue milik Evan diberikan kepada Ikmal. Bagian kue yang diterima Ikmal adalah

  1. 1/18
  2. 1/9
  3. 3/18
  4. 11/18
  5. 3/6

Jawaban adalah e. 3/6

Soal no. 3

Cindy mengerjakan suatu pekerjaan dalam waktu 2 hari, Firman untuk pekerjaan yang sama dapat diselesaikan dalam waktu 3 hari, sedangkan Teguh dapat menyelesaikan dalam waktu 4 hari. Jika mereka akan bekerja ersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, maka pekerjaan itu akan selesai dalam waktu

  1. 1 hari
  2. 1 hari 50 menit
  3. 22 jam 15 menit
  4. 23 jam
  5. 22 jam 9 menit

Jawaban adalah c. 22 jam 15 menit

 

Soal no. 4

Pecahan berikut yang terletak diantara 5/6; dan 6/7; adalah …

  1. 70/84
  2. 71/84
  3. 36/42
  4.  37/42
  5. 35/42

Jawaban adalah b. 71/84

 

Soal no. 5

Pak Firman memperoleh penghasilan Rp7.650.000,00. Dari penghasilan tersebut 1/9 bagian digunakan biaya ersama an putra-putrinya, 11% bagiannya digunakan transportasi sehari-hari, 30% digunakan untuk biaya hidup, dan 0,15 digunakan untuk membayar cicilan rumah, serta sisanya digunakan untuk tabungan. Besar dana untuk tabungan adalah

  1. Rp2.515.000,00
  2. Rp2.516.000,00
  3. Rp2.677.500,00
  4. Rp2.677.000,00
  5. Rp2.514.000,00

Jawaban adalah e. Rp2.514.000,00

 

Leave a Comment