Pembahasan Seri Belajar P3K Pedagogik : Karakter Peserta Didik

Posted on

Salam belajar Bapak Ibu Guru,  masih melanjutkan seri belajar P3K sebelumnya kali ini materinya tentang pedagogik, lebih spesifik lagi kali ini tentang Karakter Peserta Didik.

Bapak ibu guru dalam tahap ini mampu memahami beragam karakteristik peserta didik sebagai pijakan dalam mendesain pembelajaran yang inovatif untuk mendukung tugas keprofesian sebagai pendidik, yang mempesona yang dilandasi sikap berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, disertai dengan jiwa kesepenuhatian dan kemurahatian.

Karakteristik peserta didik banyak ragam yaitu: etnik, kultural, status sosial, minat, perkembangan kognitif, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi, perkembangan sosial dan perkembangan moral dan spiritual, dan perkembangan motorik.

 

Soal Karakteristik peserta didik

Berikut bahasan soal dan kunci jawabannya:
Soal no. 1

Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan: …

  1. Gender peserta didik
  2. Etnik peserta didik
  3. Minat peserta didik
  4. Gaya belajar peserta didik

Jawaban adalah  c. Minat peserta didik
 

Soal no. 2

Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek?

  1. Motivasi
  2. Sosial
  3. Kesulitan Belajar
  4. Status sosial
  5. Kultural
Jawaban adalah a. Motivasi

 

Reviu Pembelajaran 2 Pedagogik : Karakter Peserta Didik
Kemudian sesudah Bapak Ibu Guru mempelajari materi di atas, bapak ibu guru harus menjawab pertanyaan sebagai reviu pembelajaran kali ini dengan materi karakter peserta didik.
Berikut ini soal dan kunci jawaban meteri bilangan pecahan di reviu pembelajaran 2 Pedagogik yang dapat kami sampaikan.
Menarik Lainnya  Pembahasan Seri Belajar P3K : Pancasila dan UUD 1945

Soal no. 1

Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu …

  1. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab
  2. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket
  3. Menggunakan program audio dan modul
  4. Menggunakan media audio, video, dan percobaan
  5. Menggunakan modul dan powerpoint

Jawaban adalah d. Menggunakan media audio, video, dan percobaan
Soal no. 2

Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan …

  1. Kontrak/imbal jasa
  2. Akibat perbuatan
  3. Ketertiban sosial
  4. Hati nurani
  5. Persetujuan orang lain

Jawaban adalah a. Kontrak/imbal jasa
Soal no. 3

Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan …

  1. Menendang bola
  2. Meronce membuat kalung
  3. Memasang puzzle
  4. Menjiplak huruf
  5. Mewarnai pola

Jawaban adalah a. Menendang bola
 

Soal no. 4

Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama …

  1. Gender
  2.  Etnik
  3. Kultural
  4. Minat
  5. Status social
Menarik Lainnya  Pembahasan Seri Belajar P3K : Apresiasi dan Kreasi Sastra Anak

Jawaban adalah c. Kultural
 

Soal no. 5

Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal …

  1. Motivasi belajarnya
  2. Perkembangan motoriknya
  3. Perkembangan emosinya
  4. Kemampuan awalnya
  5. Perkembangan sosialnya

Jawaban adalah d. Kemampuan awalnya

Soal no. 6

Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek …

  1. Motivasi
  2. Moral
  3. Etnik
  4. Minat
  5. Status Sosial

Jawaban adalah c. Etnik
Soal no. 7

Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama …

  1. Kultural
  2. Minat
  3. Motivasi
  4. Status sosial
  5. Etnik

Jawaban adalah d. Status sosial

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *