Pembahasan Seri Belajar P3K : Pengukuran (luas, volume, waktu, dan debit).

Salam belajar Bapak Ibu Guru  Calon P3K, kali ini untuk seri belajar P3K jenjang SD materinya tentang Pengukuran (luas, volume, waktu, dan debit).

Pada tahapan ini bapak ibu guru diharapkan dapat menguasai pengukuran Luas permukaan bangun ruang,  debit, waktu.

 

Soal Pengukuan

Berikut bahasan soal dan kunci jawabannya:

Soal no. 1

Sebuah kardus berbentuk kubus dengan panjang rusuk 72 cm. Kardus tersebut mampu memuat 648 balok satuan yang berukuran sama. Panjangbalok satuan 12 cm dan lebarnya 6 cm. Banyak tumpukan balok satuan dalam kardus adalah…

  1. 6
  2. 12
  3. 9
  4. 16
  5. 4

Jawaban adalah c.  9

 

Soal no. 2

Anisa akan berkunjung ke rumah nenek. Ia naik bis sejauh 17.5 km, kemudian naik angkutan kota sejauh 8.000 m, setelah itu berjalan kakisejauh 1.200 dam. Jarak rumah Anisa ke rumah nenek adalah…

  1. 37.500 m
  2. 195.000 m
  3. 50,500 m
  4. 9.870 m
  5. 26.700 m

Jawaban adalah a. 37.500 m

Selengkapnya berikut guru-id sajikan latihan soal pengukuran sebagai salah satu materi tes PPPK guru matematika SD .

 

 

 

Reviu Pembelajaran 4 Pengukuran

Setelah bapak ibu guru melewati pembelajaran tersebut di atas, maka bapak ibu akan memasuki sesi pertanyaan yang harus di jawab sebagai reviu pembelajaran materi Pengukuran  ini.

Jadi langsung saja berikut ini soal dan kunci jawaban meteri pengukuran di reviu pembelajaran 4 yang dapat kami sampaikan:

Soal no. 1

1. Sebuah gudang penyimpanan beras mempunyai persediaan 1,5 ton beras. keesokan harinya sebanyak 7,2 kuintal beras dibagikan kepada masyarakat. kemudian untuk menambah persediaan beras, pengelola membeli lagi 490 kg beras. berapa kuintal persediaan beras dalam gudang sekarang?

  1. 13.6 kuintal
  2. 12.1 kuintal
  3. 27.1 kuintal
  4. 12.7 kuintal
  5. 16.3 kuintal

Jawaban adalah d. 12.7 kuintal

Soal no. 2

Sebuah mobil melaju dengan kecepatan 30 untuk jarak waktu a km dan kemudian dilanjutkan pada jarak 2a km berikutnya melaju dengan kecepatan 40 . Rata-rata kecepatan mobil tersebut adalah… .

  1. 35,00
  2. 33,33
  3. 38,00
  4. 36,67
  5. 36,00

Jawaban adalah e. 36,00

 

Soal no. 3

Sebuah kubus mempunyai volume 64 cm3. Apabila setiap rusuk kubus tersebut diperpanjang dua kalinya maka luas permukaan kubus yang baru adalah … cm2.

  1. 512
  2. 432
  3. 216
  4. 384
  5. 64

Jawaban adalah e. 64

Soal no. 4

Pak Anton mempunyai tiga potong kayu, dua potong kayu mempunyai ukuran panjang yang sama yaitu 3,78 m. Satu potong yang lain mempunyai ukuran 66 cm lebih panjang dari ukuran kayu yang lain. Pak Anton menyambung ketiga kayu dengan cara menghimpitkan ujung kedua kayu. Panjang setiap ujung kayu dihimpitkan sama. Panjang hasil penyambungan ketiga kayu 11,28 m. panjang setiap ujung kayu yang dihimpitkan adalah ….. dm.

  1. 1.8
  2. 7.2
  3. 3.6
  4. 8.4
  5. 2.4

Jawaban adalah a. 1.8

 

Soal no. 5

Anton dan Beni berangkat dari kota A menuju kota B mengendarai mobil dengan kecepatan berturut-turut 60 dan 40 . Beni berangkat terlebih dahulu, selang 2 jam kemudian Anton baru berangkat. Beni akan tersusul oleh Anton setelah Beni berkendara selama … .

  1.  9
  2. 7
  3. 8
  4. 10
  5. 6

Jawaban adalah a. 9

Soal no. 6

Pak Ade memiliki dua lahan sawah. Lahan pertama menghasilkan 2,4 ton padi dan lahan kedua menghasilkan 18 kuintal padi. Sebanyak 26 kuintal padi dari panen tersebut dijual. Hasil penen Pak Ade yang belum terjual adalah ….

  1. 6.600
  2. 3.200
  3. 1.600
  4. 2.000
  5. 1.800

Jawaban adalah c. 1.600

Soal no. 7

7. Untuk mengajarkan siswa pada topik volume balok, ditempuh langkah-langkah berikut ini:

  • Merumuskan rumus volume balok.
  • Menanyakan bagaimana cara menentukan banyak kubus satuan.
  • Menanyakan banyak kubus satuan yang diperlukan untuk mengisi kardus berbentuk balok.
  • Merumuskan pengertian volume balok.
  • Memberi soal tentang volume balok.
  • Memberi permasalahan bagaimana menentukan banyak kubus satuan yang akan dimasukkan ke dalam kardus berbentuk balok.

Ibu Anis ingin siswanya belajar volume balok dengan pendekatan konstruktivisme, urutan langkah pembelajaran yang dilakukan Ibu Anis adalah …

  1. (2), (3), (1), (4), (5), dan (6)
  2.  (2), (3), (4), (1), (6), dan (5)
  3. (6), (2), (3), (1), (4), dan (5)
  4. (4), (1), (5), (6), (2), dan (3)
  5. {2), (3), (1), (4), (6), dan (5)

Jawaban adalah c. (6), (2), (3), (1), (4), dan (5)

 

 

Leave a Comment