Sistem Peredaran Darah Pisces

30 views

Sistem Peredaran Darah Pisces

Ruang Jantung ikan terdiri :

2 ruang : meliputi 1 atrium (serambi) dan 1 ventrikel (bilik)

Sinus venosus : yang menerima darah dari vena kardinalis anterior dan vena kardinalis  posterior.

  1. Mempunyai jantung :

-tempat langsung dibelakang dan sedikit dibawah insang

– di bagi dalam bilik dan serambi, antara bilik dan serambi terdapat kelompok bilik yang mempunyai dinding tebal.

– embryonal : serambi terletak di belakang bilik

Dewasa : terjadi pergesaran sehingga serambi menjadi diatas bilik

  • Jantung mengandung darah yang kurang oksigen
  1. Peredaran darah :

Dari jantung darah mengalir melalui arteri insang ke bagia bawah insang. Dari sini masuk ke insang melalui 4-5 pasang lengkungan aorta. Di insang sendiri lengkungan aorta pecah menjadi kapiler-kapiler. Di sini darah mengambil oksigen. Dari insang diteruskan melaui arteru tubuh (aorta) ke belakang di bawah tulang punngung (tulang belakang) sampai ujung ekor. Dari sini darah melalui 3 saluran : pertama ke hati, kedua ke ginjal, dan yang ketiga langsung masuk kembali ke jantung. Jumlah pasang lengkungan aorta diberikan oleh arteri insang tergantung jumlah celah-celah insang pada amphioxus sampai 7, Elasmobranchii 6-7 (kebanyakan 5) dan pada teleostei 4 pasang.

Sistem peredaran darah ikan merupakan sistem peredaran darah tunggal, yaitu darah melewati jantung sekali dalam setiap peredaran. Jantung ikan terbagi menjadi dua ruangan. Yaitu satu serambi dan satu bilik.
Seluruh darah yang masuk ke jantung melalui vena mempunyai kadar O2 yang rendah dan CO2 yang tinggi. Darah tersebut disebut darah vena. Otot bilik akan memompa darah keluar dari jantung lewat arteri menuju kapiler di dalam insang. Daerah insang merupakan tempat terjadinya pertukaran gas, CO2 dibebaskan dan O2 diikat. Darah yang kaya O2 disebut darah arteri. Darah arteri kemudian mengalir menuju ke kapiler sistemik, yaitu kapiler yang menyebar ke seluruh tubuh. Darah dari sel-sel tubuh dikumpulkan ke vena. Seiring dengan waktu, darah yang miskin O2 masuk ke dalam vena dan dibawa kembali ke jantung.

Sistem Sirkulasi Ikan jantung darah

Related Post