Berikut kami sajikan contoh instrumen validasi ahli bahasa pada modul siswa
Instrumen Validasi Ahli Bahasa pada Modul Siswa
Petunjuk:
1.
Mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk menilai draf
instrumen penelitian terlampir dengan meliputi aspek-aspek yang diberikan.
Mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk menilai draf
instrumen penelitian terlampir dengan meliputi aspek-aspek yang diberikan.
2.
Mohon diberikan tanda centang (V) pada skala
penilaian yang dianggap sesuai. Rentang skala penilaian adalah 1, 2, 3, dan 4
dengan kriteria bahwa semakin besar bilangan yang dirujuk, maka semakin
baik/sesuai dengan aspek yang disebutkan.
Mohon diberikan tanda centang (V) pada skala
penilaian yang dianggap sesuai. Rentang skala penilaian adalah 1, 2, 3, dan 4
dengan kriteria bahwa semakin besar bilangan yang dirujuk, maka semakin
baik/sesuai dengan aspek yang disebutkan.
3. Mohon Bapak/Ibu
memberikan saran revisi atau komentar pada tempat yang telah disediakan, atau
jika dirasa perlu dapat langsung menuliskannya pada naskah yang perlu direvisi.
memberikan saran revisi atau komentar pada tempat yang telah disediakan, atau
jika dirasa perlu dapat langsung menuliskannya pada naskah yang perlu direvisi.
Keterangan skala penilaian:
1 = tidak relevan/tidak baik, 2 = kurang relevan/kurang baik, 3 =
relevan/baik, 4 = sangat relevan/sangat baik
relevan/baik, 4 = sangat relevan/sangat baik
No |
Aspek |
Indikator |
Skala Nilai |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1. |
Kejelasan petunjuk penggunaan modul |
Petunjuk penggunaan modul disampaikan dengan jelas |
||||
2. |
Ketepatan istilah |
Istilah-istilah yang digunakan tepat dan sesuai dengan bidang sains |
||||
3. |
Kemudahan memahami alur materi melalui penggunaan bahasa |
Penggunaan bahasa mendukung kemudahan alur materi |
||||
4. |
Kesantunan penggunaan bahasa |
Penggunaan bahasa yang tetap santun dan tidak mengurangi nilai-nilai pendidikan |
||||
5. |
Ketepatan dialog/teks wacana dengan materi |
Teks dialog yang digunakan dalam modul dapat menyampaikan materi dengan tepat |
||||
6. |
Kesesuaian bahasa dengan tingkat berpikir siswa |
Bahasa yang digunakan sesuai dengan tingkat berpikir siswa SMA kelas X dalam memahami konsep Biologi |
||||
7. |
Kemampuan mendorong rasa ingin tahu |
Bahasa yang digunakan mendorong rasa ingin tahu siswa untuk menyelesaikan mempelajari materi |
||||
8. |
Penggunaan EYD |
Bahsa Indonesia yang digunakan sesuai EYD |
Saran Perbaikan :
Istrumen tersebut di atas dapat digunakan untuk siswa maupun guru